Peran Asian Games 2018 dalam Mendongkrak Pariwisata Jabar

Hilman Haris    •    21 April 2017 13:47 WIB
asian games 2018
Peran Asian Games 2018 dalam Mendongkrak Pariwisata Jabar
Ilustrasi Balap Sepeda

Metrotvnews.com, Bandung: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan 15 Venue pertandingan dan 11 Venue latihan untuk ajang Asian Games 2018 akan ditempatkan di Jawa Barat. Putusan Kemenpora membuat Wakil Gubernur Jabar,  Deddy Mizwar senang. Kini, ia optimistis Asian Games 2018 bisa mendongkrak sektor pariwisata Jawa Barat.

"Saya kira akan ada dampak untuk pariwisata. Sebab di Ciletuh, Sukabumi akan digunakan untuk cabang olahraga surfing. Lalu BMX di Ciamis," kata Deddy Mizwar, di Bandung, Jumat (21/4/2017).

Baca juga: KOI Segera Usulkan Nama Baru untuk CdM SEA Games 2017

"Kami akan menyiapkan semuanya hingga 4 Mei. Semua venue yang diprediksi akan dipakai harus di-assessment sehingga bisa dikethaui berapa biaya untuk renovasi," kata dia.

Menurut Deddy, pengajuan renovasi venue atau pembangunan sarana dan prasarana akan dilakukan di Musrenbang Nasional pada 9 Mei 2017. Dengan begitu, anggaran bisa didapat dari APBN Perubahan 2017 atau APBN 2018.

Baca juga: Sempat Meraih Podium, Nato Belum Puas

Awalnya, pelaksanaan terpusat di Kota Palembang dan Jakarta. Kini, semuanya sepakat Jabar menjadi tuan rumah 15 pertandingan. Penetapan dilakukan setelah Gubernur Jabar Ahmad Heryawan melalui Disorda mendorong Kemenpora melakukan percepatan penerbitan keputusan mengenai penetapan venue.

Kini, Jabar dipercaya menggelar pertandingan sepak bola, paralayang, modern phentalaton, bridge, sepeda gunung, balap sepeda, roller sport, bola tangan, canoe slalom, dan surfing. (ANT)

 


(HIL)