Viking Persib Dukung Atlet Jatim di PON Jabar

Amaluddin    •    31 Agustus 2016 19:50 WIB
pon 2016
Viking Persib Dukung Atlet Jatim di PON Jabar
Ketua sekaligus pendiri pendukung klub sepak bola Persib Bandung, Viking Persib Fans Club, Heru Joko (kanan) berpose di depan markas Viking yang sekaligus toko cinderamata Viking Fanshop di Jalan Banda Nomor 9S, Bandung, Jawa Barat (Foto: MI/Panca Syurka

Metrotvnews.com, Surabaya: Sekitar 2.000 suporter Persib Bandung atau yang biasa dikenal dengan sebutan Viking akan memberikan dukungan moril terhadap atlet Jawa Timur di di arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat (Jabar), 17-29 September 2016.

Hal itu terjadi lantaran mereka tidak dimanfaatkan tenaganya oleh KONI Jabar. "Mereka mendukung kita karena sudah tidak dipakai KONI Jabar. Kami sangat berterima kasih kepada Viking yang mau memberikan dukungan kepada atlet Jatim," kata Koordinator suporter PON Jatim, Baso Juherman, di Surabaya, Rabu (31/8/2016).

Menurut Baso, dukungan suporter Viking itu atas permintaan mereka sendiri. "Mereka bilang tak dipakai KONI, ya sudah saya ingin bantu dukung atlet Jatim. Jadi, bukan permintaan kita lho," kata Baso.

Selain suporter, perjuangan atlet Jatim di arena PON Jabar juga mendapat dukungan dari pengurus KONI dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Jatim. Dukungan moril ini sesuai dengan instruksi Gubernur Jatim Soekarwo agar jangan sampai atlet Jatim berjuang sendirian di lapangan jika ingin meraih kemenangan.

Demikian pula dengan suporter lain, Baso mengaku bukan dia yang memberangkatkan suporter. Termasuk suporter bonek. "Malah sekarang elemen suporter Balgo yang meminta untuk diberangkatkan. Kita fasilitasi, tapi bukan berarti kita yang memberangkatkan," ujarnya.

Pihaknya hanya membawa sekitar 60 orang sebagai penanggungjawab suporter. Jumlah tersebut disesuaikan dengan jumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan yaitu 59. Nantinya, masing-masing penanggungjawab suporter itu akan mencari suporter di Bandung.

"Banyak masyarakat Jatim yang tinggal di Bandung. Inilah tugas dari penanggungjawab itu untuk mencari dan sekaligus mengkoordinir mereka untuk mensupport perjuangan atlet Jatim di lapangan," jelasnya.

Dari catatan Baso, warga Jatim yang menetap di Bandung, banyak yang tergabung dalam paguyuban. Diantaranya dari Bonek Bandung, Paguyuban Pecel Lele, Paguyuban Penjual Sate (Madura), Paguyuban Jok Motor dan Mobil (Kediri). "Itulah kenapa tidak perlu memberangkatkan suporter dari sini," katanya.

Nantinya, setiap venue, Baso memastikan diisi sekitar 25 suporter yang siap mendukung penuh atlet Jatim di lapangan. Tak terkecuali venue yang lokasinya paling jauh, seperti cabor dayung dan layar. "Karena sudah ada penangggujawabnya, maka harus ada suporternya," jelasnya.

Dalam memberikan dukungan, suporter dilengkapi peralatan untuk menggemakan arena pertandingan, seperti drum. "Kami punya 10 jenis drum. Namun, tentunya tidak semua pertandingan cabor diperbolehkan suporter membawa drum," tandasnya.



(ACF)

Begini Cara Bank BJB Manjakan Awak Media Selama PON XIX

Begini Cara Bank BJB Manjakan Awak Media Selama PON XIX

4 hours Ago

PT Bank Pembangunan Jawa Barat Tbk (Bank BJB) menyediakan berbagai sarana yang memadai untuk me…

BERITA LAINNYA