Jelang PON 2016

Besok, Rombongan Pertama Atlet PON Jatim Dilepas Gubernur Soekarwo

Amaluddin    •    07 September 2016 23:11 WIB
pon 2016
Besok, Rombongan Pertama Atlet PON Jatim Dilepas Gubernur Soekarwo
Gubernur Jatim Soekarwo (kiri) akan melepas kontengen pertama Provinsi Jatim, Kamis 8 September 2016 (Foto: Antara:Ari Bowo Sucipto)

Metrotvnews.com, Surabaya: Komandan Kontingen Provinsi Jawa Timur untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, yang juga Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kamis 8 September besok, mulai memberangkatkan sejumlah atlet dan ofisial sejumlah cabang olahraga (cabor). Rombongan pertama itu adalah atlet dari cabor bola basket dan hoki.

Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Jatim Dhimam Abror Djuarait, mengatakan sisa cabor lainnya akan berangkat serentaj pada pekan depan. Menurut Dhimam, pemberangkatan awal disesuaikan dengan jadwal pertandingan cabor.

"Sesuai dengan ketentuan dari pihak penyelenggara, cabor harus berangkat H-3 sebelum bertanding. Namun, ada beberapa cabang olahraga yang memang perlu berangkat duluan. Dan itu sudah kami siapkan segala keperluannya," kata Dhimam di Surabaya, Rabu (7/9/2016).

Menurut Dhimam, berangkat lebih awal dilakukan sebagai upaya agar Jatim bisa mencapai target Juara Umum. Beberapa cabor, lanjutnya, juga perlu melakukan penyesuaian diri dengan lokasi pertandingan seperti olahraga air dan panjat tebing. Baca juga: Incar 12 emas, Atlet Renang Jatim Ingin Tebus Kegagalan di Riau

"Memang Pembukaan PON memang dimulai 17 September. Tapi ada beberapa cabor yang berangkat lebih dahulu dari waktu yang ditentukan," kata Dhimam.

Tahun ini, kata Dhimam, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim akan memberangkatkan 1.500 orang, terdiri dari 737 atlet dan sisanya pelatih, ofisial dan pengurus olahraga. 

"Khusus kontingen besar akan diberangkatkan pada pekan depan, Selasa 13 September. Sebagian lagi akan berangkat lebih dulu," ujarnya

Jatim, kata Dhimam, juga sudah mengirimkan Tim Aju yang meninjau dan mempersiapkan segala keperluan dalam pelaksanan PON 2016 kali ini. Upaya ini dilakukan agar segala keperluan terlaksana dengan baik. "Sebab, semua persiapan akan membawa dampak terhadap laga nanti," pungkasnya.

 
Video: Kontingen PON Mulai Berdatangan ke Bandung


(RIZ)

Rebut Emas PON, Warga Sidikalang Sambut Marlando Bagai Pahlawan

Rebut Emas PON, Warga Sidikalang Sambut Marlando Bagai Pahlawan

4 minutes Ago

Marlando mengaku dirinya sudah seperti pahlawan atau artis yang dibanggakan oleh daerahnya. Peb…

BERITA LAINNYA