Olahraga Musim Dingin

Indonesia Siap Berlaga di Asian Winter Games 2017 Jepang

Krisna Octavianus    •    29 September 2016 23:22 WIB
olahragamusim dingin
Indonesia Siap Berlaga di Asian Winter Games 2017 Jepang
Skuat Indonesia untuk Asian Winter Games 2017 (Foto: ist)

Metrotvnews.com, Tangerang: Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia memastikan akan ikut berlaga di Asian Winter Games 2017. Ajang multi even internasional untuk Olahraga musim dingin itu akan berlangsung di Sapporo, Jepang, pada Februari 2017 mendatang.

Rencananya Indonesia diwakili tiga cabang, yakni hoki es, figure skating, dan short track speed. Meski cabang olahraga ini belum terlalu populer di Indonesia, tetapi berbagai prestasi internasional telah ditorehkan baik secara tim maupun individu. Tim Indonesia untuk Olimpiade musim dingin ini didukung oleh Extra Joss.

Teranyar, tim hoki es Indonesia yang sebagian besar pemainnya berasal dari klub Batavia Demons berhasil memenangi kejuaraan hoki es tingkat dunia, yakni di ajang Lion City Cup, Singapura pada 2-5 Maret 2016. Di sana, tim hoki es Indonesia mengalahkan negara-negara yang familiar dengan musim dingin, seperti Rusia, Kanada, Amerika, dan Finlandia.

Untuk cabang figure skating (seluncur indah) yang mulai diperkenalkan di Indonesia sejak 1996, atlet-atlet Indonesia sangat aktif mengikuti event-event di dalam dan luar negeri. Di cabang olah raga yang awalnya dikenal sebagai olahraga rekreasi ini jumlah atletnya paling banyak dibanding cabang olahraga musim dingin lainnya. Pada 2013, figure skating di Indonesia menjadi anggota Ice Skating Union (ISU), Federasi Internasional olahraga tersebut.

Sedangkan untuk short track speed, cabang olahraga musim dingin termuda di Indonesia ini walaupun baru diperkenalkan 2013, Indonesia telah memiliki beberapa atlet di tingkat Asia Tenggara.

"Kami bangga mewakili Indonesia ke pentas Asian Winter Games 2017 mendatang di Jepang. Saat ini kami tengah melakukan training camp (TC) dalam proses seleksi yang ketat," ujar Jonathan Sudharta, kapten timnas hoki es Indonesia, sekaligus koordinator Team Indonesia Musim Dingin 2017.

Harapannya juga, para pemain ingin berkontribusi dengan menorehkan prestasi setinggi-tingginya serta mengibarkan merah putih di kancah internasional. 

"Untuk mewujudkan semua itu kami perlu dukungan dari berbagai pihak terkait seperti pemerintah,  sponsor dan juga dari media,” ujar Jonathan.

Ia juga optimistis tim hoki es Indonesia bisa berbicara banyak, khususnya pada SEA Games 2017 Malaysia, di mana untuk pertama kalinya hoki es dipertandingkan. 

Sementara itu, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir menyambut baik sekaligus mendukung penuh keikutsertaan Indonesia di Asian Winter Games 2017. Harapannya ketiga cabang ini bisa turut memberikan prestasi semaksimal mungkin. 

Keikutsertaan Indonesia di ajang ini dinilainya juga membawa promosi bagi Indonesia untuk mempopulerkan cabang olah raga musim dingin di masyarakat kita.

“Komite Olahraga Indonesia (KOI) dan tentunya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendukung penuh ketiga cabang tersebut untuk berlaga di ajang Asian Winter Games 2017 pada bulan Februari mendatang di Sapporo, Jepang," ungkap Erick Thohir saat Press Conference INDONESIA MUSIM DINGIN 2017 (IMD 2017) di Bintaro X Change, Tangerang, Kamis (29/9/2016).

Menurutnya, ini juga kesempatan besar bagi para atlet unjuk gigi dan berjuang menorehkan pestasi meski Indonesia bukanlah negara yang mengalami musim dingin. 

Di tempat yang sama, Presiden Direktur Federasi Hoki Es Indonesia (FHEI) Berdi Sabri menambahkan, para pemain hoki es Indonesia juga memiliki potensi sama dengan negara kuat Asia lainnya. 

Ke depan, ia mempunyai visi akan membawa olahraga hoki es secara khususnya, menjadi salah satu cabang olahraga yang diminati dan berkembang di Tanah Air dan turut memberikan sumbangsih prestasi yang nyata bagi kemajuan olahraga di Indonesia.

Bahkan menurut Ketua PB PERSEROSI Deni M Buldansyah, Indonesia memiliki atlet berbakat di figure skating maupun short track speed. Buktinya, Indonesia telah memiliki empat atlet ranking dunia. Prestasi terbaik figure skating adalah meraih posisi empat di kejuaraan Asian Trophy 2015 dan 2016 kelas Novice A.

Untuk nomor short track speed, Indonesia menurutnya juga memiliki banyak atlet speed roller, yang memiliki banyak kesamaan teknik dengan short track. Prestasi Indonesia masuk lima besar Asia. 

Indonesia nantinya akan mengirimkan satu tim hoki es, dua putra dan puteri untuk olahraga figure skating- single skating, serta lima putra dan putri untuk short track speed tracking


(RIZ)