Pencak Silat

Cara Prabowo Pertahankan Dominasi Pencak Silat Indonesia di Level Dunia

A. Firdaus    •    22 Mei 2017 16:53 WIB
pencak silat
Cara Prabowo Pertahankan Dominasi Pencak Silat Indonesia di Level Dunia
Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI), Prabowo Subianto. (Foto: Mtvn/ A. Firdaus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pencak silat kian mendunia. Tak jarang negara-negara Eropa secara serius menggandrungi seni bela diri ini. 

Di satu sisi, kita harus bangga bahwa warisan budaya Tanah Air banyak yang minati. Namun di sisi lain, kita harus waspada karena semakin mendunianya pencak silat, tentunya banyak negara-negara yang bisa saja menggeser dominasi Indonesia sebagai negara tersukses di olahraga ini.

Kabarnya, pada Olimpiade 2024 pencak silat bakal menjadi salah satu cabang dipertandingkan. Bahkan pada Olimpiade 2020, pencak silat sudah bisa dimainkan meski di tingkat eksebisi.

Namun, Ketua Umum Pengurus Besar Pencak Silat Indonesi (PB IPSI), Prabowo Subianto mengaku tak khawatir. Justru ini menjadi tantangan buatnya untuk terus mencari bibit muda demi meneruskan dominasi Indonesia di olahraga ini.

Baca: Pencak Silat Kian Mendunia, Prbaowo Optimistis Dipertandingkan di Olimpiade


"Selain melaksanakan pelatnas dan juga mencari bibit baru kami juga akan melakukan lebih banyak lagi latih tanding. Kami juga melakukan try out ke mancanegara demi meningkatkan kualitas," ujar Prabowo. 

"Kita harus menjaga dominasi sebagai juara umum. Sebab ini budaya kita. Untuk itu saya terus mendorong agar para anak cucu kita bisa meneruskan minat pendahulunya. Saya juga sudah umumkan kepada semua guru-guru bahwa kami sudah siapkan beasiswa dari SMP, SMA, dan kuliah, bagi siswa yang menjuarai pencak silat," tegasnya.

Baca: Untuk Keempat Kali, Prabowo Dilantik sebagai Ketum IPSI


Selain itu, dukungan dari pemerintah juga diharapkan oleh Ketua Umum Partai Gerindra ini. Sebab, ini merupakan olahraga yang mencerminkan jati diri Indonesia di mata dunia.

"Dimulai dari menteri-menteri yang berkaitan dengan pencak silat ke Gubernur, Bupati, hingga ke Kepala Sekolah harus menanamkan keseriusan dan kebanggaan untuk pencak silat," sambungnya.

"Untuk itu kami harus datangi langsung. Sebab ini usaha yang tidak ringan, butuh jutaan dolar, butuh dukungan pemerintah. Program ini sebagai pembuktian bahwa pencak silat satu-satunya olahraga asli Indonesia," imbuh Prabowo.

Predikat terbaik untuk pencak silat Indonesia di level dunia memang belum tergeserkan. Terkini pada Kejuaraan Pencak Silat Belgia Terbuka 6 hingga 7 Mei, skuat Merah Putih menyabet gelar juara umum dengan mengoleksi tujuh medali emas, satu perak, dan enam perunggu.

Video: Kevin Durant Gemilang, Warriors Ungguli Spurs
 


(ASM)