Banjarmasin Sambut Haornas dengan Olahraga Tradisional

Kautsar Halim    •    04 September 2017 21:29 WIB
olahraga
Banjarmasin Sambut Haornas dengan Olahraga Tradisional
Seorang peserta menghindar dari sentuhan lawannya di kelas Hadang Putri dalam Lomba Olahraga Tradisional di Taman Gayam, Malang, Jawa Timur, Sabtu (26/8). Lomba tahunan tersebut sekaligus digunakan untuk menjaring atlit yang akan diproyeksikan untuk ikut

Metrotvnews.com, Banjarmasin: Pemerintah Kota Banjarmasin akan menggelar beragam lomba olahraga tradisional. Kegiatan itu diadakan sebagai salah satu bentuk perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) dan Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin A N Djaya menjelaskan, perayaan Haornas dan Harjad sengaja digabung karena sama-sama jatuh pada September. Haornas jatuh pada 9 September, sedangkan Harjad Kota Banjarmasin pada 24 September.


Klik: Serena Williams Melahirkan Seorang Putri


Beberapa jenis olahraga tradisional yang akan dipertandingan adalah Balogo, Engrang, Asinan dan Tarik Tambang. Event tersebut akan dimulai sehari sebelum Harjad Kota Banjarmasin atau tepatnya pada 23 September.

"Karena Harjad Kota Banjarmasin jatuh pada 24 September, jadi peringatan Haornas  kami mundurkan agar bisa berbarengan dengan kemeriahan Harjad," kata Djaya.

"Kemudian, olahraga tradisional memang masih membumi di daerah kami. Bahkan, terdapat empat kampung bermain olahraga tradisional di sini," tambahnya.


Klik: Patah Kaki, Rossi Diprediksi Absen Sebulan


Selain perlombaan olahraga tradisional, akan diselenggarakan juga lomba gerak jalan pada 16 September dan sepeda santai pada 21 September. Kedua kegiatan ini juga sama-sama diadakan untuk menyambut Haornas dan Harjad Kota Banjarmasin. (ANT)


(KAU)