Kejuaraan Dunia Atletik

Imbauan Usain Bolt bagi Para Pengguna Doping

Kautsar Halim    •    02 Agustus 2017 14:35 WIB
atletik
Imbauan Usain Bolt bagi Para Pengguna Doping
Usain Bolt. (Foto: The Telegraph)

Metrotvnews.com, London: Sprinter Jamaika Usain Bolt menanggapi serius kasus penggunaan doping di cabang olahraga atletik. Oleh karena itu, ia mengimbau agar praktek terlarang itu segera dihentikan.

Bolt merupakan pemilik delapan medali emas Olimpiade dan termasuk salah satu ikon olahraga di dunia. Ia telah memutuskan untuk pensiun seusai melakoni Kejuaraan Dunia Atletik yang berlangsung di London, Inggris, pada awal Agustus.


Klik: Asa Alonso di Paruh Musim Kedua F1 2017


Menyambut event tersebut, Bolt berharap bisa mendapat persaingan yang sehat dari para rivalnya. Ia tidak ingin ada atlet yang terlibat kasus doping karena bisa mencemarkan kualitas olahraga yang ia geluti juga. Terlebih lagi, ada laporan yang menyebutkan bahwa Rusia malah memiliki program penggunaan doping kepada atletnya. Hal ini tentu membuat Bolt yang merupakan manusia tercepat di dunia  merasa jengkel.

"Saya harap para atlet bisa mengerti apa yang harus dilakukan agar olahraga semakin berkembang. Secara pribadi saya bisa katakan kami sedang terpuruk. Pasalnya, tidak ada hal yang lebih buruk ketimbang skandal di Rusia," kata Bolt.

"Kami menjalani pekerjaan ini selama bertahun-tahun dan masih menemukan banyak atlet yang terlibat doping. Sepintar apapun Anda berbuat curang pasti akan tertangkap juga. Terlebih lagi, kualitas olahraga ini sudah makin baik," tambahnya.


Klik: Bos Mercedes Membantah Kesal dengan Hamilton


"Doping selalu membawa hal buruk dan tidak akan pernah diperkenankan. Anda harus bekerja keras karena olahraga ini telah berkembang. Saya berharap bisa tetap berada di jalur yang benar," lanjut Bolt.

Bolt akan memainkan dua nomor pertandingan di Kejuaraan Dunia Atletik, yakni sprint 100m dan lari estafet 4x100m pria. Melirik pencapaian sebelumnya, event ini tidak akan sulit karena Bolt sudah tiga kali meraih medali emas Olimpade untuk kategori lomba yang sama. (bbc)

 


(KAU)