SEA Games 2017: Cabor Berlayar

Atlet Indonesia Nyaris Tewas Diterjang Badai Saat Lomba

Kautsar Halim    •    29 Agustus 2017 17:01 WIB
sea games 2017
Atlet Indonesia Nyaris Tewas Diterjang Badai Saat Lomba
Novita Puspita Sari saat menjalani perawatan-MTVN/Kautsar

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Nasib nahas menimpa Novita Puspita Sari, atlet layar Indonesia. Ia harus mendapat perawatan serius karena digulung badai ketika membela Indonesia di cabang layar ajang SEA Games 2017 Malaysia.

Bambang Rus Effendi, selaku Wakil Ketua Tim Monitoring Kontingen Indonesia meneranngkan musibah yang menimpa Novita terjadi di venue layar di Dayang Bay Langkawi, Malaysia, Sabtu 26 Agustus lalu. Saat itu, perahu layar yang dinaikinya terbalik akibat dihantam badai.

"Saat dihantam badai, sebagian besar perahu layar peserta terbalik. Noviana tidak bisa menyelamatkan diri karena tertimpa perahu dan tali layar menjerat lehernya," ujar Bambang di Hotel Royal  Chulan, Malaysia, Selasa 29 Agustus 2017.

Baca juga: Jonatan Christie Sumbang Emas untuk Indonesia

Pelatih layar Indonesia, Oka Sulaksana, berperan penting dalam penyelamatan Novita. Oka nekat terjun langsung ke laut dan melepaskan tali layar yang mengikat leher Novita. Pertolongan Oka membuat nyawa Novita bisa terselamatkan.

Noviana langsung di bawa ke Rumah Sakit Langkawi setelah sampai di daratan. Kondisinya sudah berangsur membaik setelah menjalani perawatan insentif selama dua hari di rumah sakit tersebut. 


"Saya sudah melaporkan semua kejadian serta kondisi kesehatan Noviana dengan Chief de Mission Aziz Syamsuddin, yang menugaskan saya ke Langkawi," kata Bambang.

Video: Eko Yuli Irawan Sumbang Medali Perak untuk Indonesia
 


(RIZ)