Jelang SEA Games 2017

Agus Prayogo Ingin Tampil di Maraton Olimpiade 2020

Antara    •    09 November 2016 23:55 WIB
olahragaatletik
Agus Prayogo Ingin Tampil di Maraton Olimpiade 2020
Agus Prayogo (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Metrotvnews.com, Jakarta: Atlet lari jarak jauh Agus Prayogo menargetkan lolos batas waktu agar dapat bertanding di nomor maraton penuh (full marathon) di Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

Menurut Agus, demi mencapai target yang tidak mudah tersebut, dirinya ingin mempersiapkan diri mengikuti kejuaraan maraton berlabel mayor tingkat dunia (world marathon majors).

"Syukur-syukur bisa ikut bertanding di Eropa, juga di New York. Saya ingin bersaing dengan para pelari maraton elite dunia," ujar Agus di Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Namun, niat terjun di kejuaraan seperti itu tidaklah murah. Atlet yang juga personel TNI AD tersebut juga menyadarinya, tetapi dia tetap optimistiS bisa berangkat, salah satunya dengan bantuan pemerintah.

"Saya yakin, kalau sasarannya jelas, pasti bisa," tutur Agus.

Baca juga: Pelari Agus Prayogo Siap Pertahankan Emas 10.000 Meter

Pada tahun 2016, peraih empat medali emas sepanjang keikutsertaannya di SEA Games tersebut mengikuti Gold Coast Airport Marathon (GCAM) ke-38 di Queensland, Gold Coast, Australia.

Kompetisi internasional tersebut awalnya ingin dimanfaatkan Agus untuk mencapai batas bawah (limit) B Olimpiade Brasil 2016. Akan tetapi keinginan tersebut kandas setelah pria 31 tahun tersebut hanya mencatatkan waktu dua jam 21 menit, lebih lama dari batas Olimpiade 2016 yang ditetapkan yakni dua jam 19 menit.

Yang sedikit menghibur, catatan waktu tersebut mempertajam waktu yang ditorehkannya di Tokyo Terbuka, Februari 2016, dengan dua jam 23 menit.

Terdekat, kejuaraan yang diikuti Agus adalah SEA Games 2017 di Malaysia, di mana dia akan bertarung di nomor maraton penuh untuk pertama kalinya.

Di SEA Games Malaysia pada 19-31 Agustus 2017 nanti, Agus menyatakan akan mencoba mengungguli rekor nasional maraton penuh yang masih dipegang pelari legendaris asal Nusa Tenggara Timur, Eduard Nabunome dengan waktu dua jam 19 menit, 18 detik dan telah bertahan sejak 12 September 1993.

Agus Prayogo sendiri sebelumnya berhasil keluar sebagai juara kategori pelari Indonesia di Mandiri Jakarta Marathon 2016. Peraih tiga medali emas cabang atletik PON Jawa Barat 2016 ini mencatatkan waktu dua jam 41 menit 12 detik.

Adapun "World Marathon Majors" sendiri merupakan kompetisi tingkat dunia yang dimulai sejak tahun 2006. Beberapa kota yang masuk dalam kalender penyelenggaraannya adalah Tokyo, Boston, London, Chicago dan New York.(Ant)

Video: Tour de Indonesia akan Digelar Tahun Depan
 


(RIZ)