Piala Dunia Basket 2023

Rusia Mundur, Indonesia Berpeluang jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

Krisna Octavianus    •    24 November 2017 14:38 WIB
basket indonesia
Rusia Mundur, Indonesia Berpeluang jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023
Andrei Kirilenko (Foto: media.tmz.com)

Moskow: Rusia telah menarik diri dari pencalonan mereka sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket 2023. Hal ini membuat peluang Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 sangat besar.

Keputusan tersebut diumumkan pada Rabu 22 November. Rusia mundur karena merasa banyak atlet mereka yang dikritik dan "diincar" oleh masyarakat olahraga dunia.

Andrei Kirilenko, presiden Federasi Bola Basket Rusia mengatakan mundurnya Rusia setelah mempertimbangkan sikap negatif komunitas olahraga dunia kepada atlet dan olahraga Rusia pada umumnya.

Skandal doping Rusia di berbagai cabang olahraga telah menyebabkannya dilucutinya banyak medali Rusia yang diraih atlet mereka di ajang Olimpiade, meskipun Kirilenko tidak secara langsung menghubungkan keputusan tersebut dengan skandal doping.

Mundurnya Rusia menjadi berkah bagi Indonesia yang bersama Filipina dan Jepang mengajukan menjadi tuan rumah bersama. Pasalnya, saingan tinggal Argentina dan Uruguay yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama.

FIBA sudah sempat datang ke Indonesia dengan mengirimkan delegasi mereka pada 4 Juli. Para delegasi FIBA mengecek kondisi lapangan bola basket indoor di Gelora Bung Karno, Senayan.

Sebelumnya, Turki juga mundur dari pencalonan tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 pada Selasa 21 November. Alasan Turki mundur karena ingin membenahi dunia basket domestik.

BACA: FIBA Pantau Indonesia untuk Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Bola Basket Dunia

Piala Dunia Basket 2023 dipastikan akan menjadi sejarah karena untuk pertama kalinya digelar di beberapa negara. Sebelumnya, selalu digelar di satu negara. Bahkan, tuan rumah Piala Dunia Basket 2019 sudah ditentukan, yakni di Tiongkok. (japan times)

 


(KRS)