Jelang Asian Games 2018

Delegasi Taiwan Puas Melihat Pesiapan Asian Games 2018

Krisna Octavianus    •    21 April 2018 11:05 WIB
asian games 2018
Delegasi Taiwan Puas Melihat Pesiapan Asian Games 2018
Suasana saat delegasi Taiwan melakukan pertemuan dengan Sekjen Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) (Foto: Medcom/Krisna Octavianus)

Jakarta: Sebanyak 39 anggota delegasi NOC (National Olympic Committee) Taiwan mengaku puas setelah selama lima hari, sejak 15-20 April mengunjungi Indonesia untuk melihat persiapan Jakarta dan Palembang dalam menggelar Asian Games 2018.

Delegasi yang dipimpin Vice President Taiwan Olympic Committee, Chao-Kuo Chang secara menyeluruh melihat lokasi-lokasi utama penyelenggaraan pesta olahraga bangsa Asia yang akan bergulir, 18 Agustus tersebut. Mulai dari berbagai competition venue di kompleks Gelora Bung Karno, lokasi Main Press Center (MPC) dan International Broadcasting Centre (IBC) di Jakarta Convention Center, Senayan, perkampungan atlet di Kemayoran, venue equestrian di Pulomas, sampai velodrome di Rawamangun.

Rombongan yang juga membawa 12 awak media juga menyempatkan diri terbang ke Palembang pada 18 April untuk melihat Jakabaring Sport City. Bahkan, di kota yang terkenal dengan jembatan Ampera itu, beberapa anggota delegasi sempat mencoba venue bowling yang baru.

Baca: Iannone Kalahkan Marquez di Sesi Latihan Bebas Kedua

"Kami mendapat sambutan hangat, baik saat di Jakarta atau di Palembang. Kami melihat kedua kota sudah bekerja keras dalam menyiapkan Asian Games. Kami memuji wisma atlet yang sangat bagus. Meski ada beberapa informasi lebih detail yang kami perlukan, tetapi secara keseluruhan kami puas dan sudah mencatat beberapa hal yang harus kami siapkan," jelas Chao-Kuo Chang, saat diterima Sekjen Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Eris Herryanto.

Sementara itu, Eris Herryanto menyatakan kunjungan delegasi peserta Asian Games diperlukan untuk mendapatkan masukan dan memberikan motivasi kepada penitia agar bisa menggelar pesta olahraga Asia sebaik mungkin.

"Persiapan yang terus kami lakukan sangat simultan. Meski ada beberapa venue atau sarana pendukung yang terus dikerjakan, kami yakin semua akan siap pada Juni sehingga sempat diujicoba sebelum pelaksanaan," jelas Eris.

Baca: Makna Hari Kartini buat Triyaningsih

Delegasi Taiwan ini terdiri dari Deputi Chef de Mission, Director of Competitive Sport Division Sport Administration, beberapa manajer cabang olahraga, serta sejumlah pelatih olahraga. Di setiap venue pertandingan, mereka menanyakan secara detail tentang kondisi terkini venue, fasilitas yang disediakan, transportasi, serta akomodasi bagi para ofisial.

Salah seorang wakil media, Po-An Long dari Central News Agency menyatakan kepuasan melihat MPC dan IBC yang luas serta mampu menampung sekitar 1.000 media bekerja secara bersamaan. 

"Asian Games 2018 akan berjalan menarik. Ini Asian Games pertama yang akan digelar di dua kota, lalu akan mempertandingkan banyak cabang, dan menjanjikan kompetisi yang menarik. Saya pastikan akan kembali ke sini saat Games Times," lanjutnya.


Video: Rossi Lupakan Insiden Argentina

 


(PAT)