Panitia Siapkan Pelayanan Ekstra untuk Atlet Asian Para Games 2018

Anggi Tondi Martaon    •    21 September 2018 16:03 WIB
berita kemenko pmk
Panitia Siapkan Pelayanan Ekstra untuk Atlet Asian Para Games 2018
Menpora Imam Nahrawi di tengah-tengah atlet anggar kursi roda-Dok: Kemenpora

Sentul: Panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc) menyiapkan pelayanan ekstra bagi para atlet yang akan bertanding pada 6-13 Oktober nanti. Pelayanan ekstra tersebut diwujudkan dengan mengerahkan sedikitnya 6.500 relawan atau volunteer.

Asisten Deputi Bidang Olahraga Kementerian Koordinator Pembangunan Masyarakat dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Gatot Hendarto mengatakan, jumlah volunteer Asian Para Games 2018 lebih banyak dibandingkan Asian Games. Sebab, satu atlet para games bisa didampingi oleh lebih dari satu relawan.

"Kalau sisi volunteer lebih banyak Asian Para Games, karena bisa jadi satu atlet di dampingi lebih dari satu volunteer," kata Gatot di Hotel Grand Mulya Bogor, Sentul, Jawa Barat, Kamis 20 September 2018.

Selain itu, berbagai akses transportasi serta sarana dan prasarana khusus bagi atlet para games juga disiapkan oleh penyelenggara. Salah satunya, jalur khusus keimigrasian di bandara saat kedatangan maupun kepulangan.

"Dan perlakuan khusus bagi para atlet Wellchair," ungkap dia.

Untuk sarana transportasi, lanjut Gatot, akan disediakan bus lebih dari 2.000 armada dengan peserta sekitar 4 ribuan. Jumlah armada tersebut lebih banyak dibandingkan Asian Games 2018.

"Satu bis cuman bisa muat 4 kursi khusus. Itu butuh penanganan khusus. Apalagai untuk atlet yang tipikal difable berbeda," pungkas Gatot.
 


(Des)