Tour de Siak 2016

Pembalap Vietnam Juara Etape 1 Tour de Siak 2016

   •    19 Oktober 2016 19:27 WIB
olah ragabalap sepeda
Pembalap Vietnam Juara Etape 1 Tour de Siak 2016
Peserta Tour de Siak selepas start di etape 1 (Foto: MI/Bagus Himawan)

Metrotvnews.com, Siak: Pembalap sepeda asal Vietnam Thanh Dien Tran menjuarai etape I balap sepeda Tour de Siak (TDS) 2016 dengan jarak tempuh 154,18 kilometer di Kabupaten Siak, Riau, Rabu 19 Oktober 2016.

Pembalap Vietnam National Team (VNT) dengan nomor start 35 itu finis pertama dan disusul pembalap Action Cycling Team asal Taiwan Hsu Hsuan-Ping. Sedangkan posisi ketiga diisi pembalap KFC Cycling Team dari Jakarta, M. Imam Arifin.

Thanh Dien Tran finis dengan catatan waktu 3 jam 25 menit 2 detik. Lalu di belakang Thanh menyusul formasi kecil sebanyak tujuh pembalap dengan kecepatan tinggi dengan lintasan jalanan lurus dan datar sepanjang 154,18 kilometer.

Baca juga: Marquez Kini Fokus Amankan Juara Dunia Tim dan Konstruktor

Mereka adalah Hsu Hsuang-Ping, Muh Imam Arifin, Thanh Tung Huynh (Vietnam), Ryan Ariehan (Boyolali), Alvin Firlandi (PGN Jakarta Selatan) dan Jamal Hibatullah (KFC), dengan catatan waktu masing-masing 03 jam 25 menit dan 06 detik.

Sedangkan tiga pembalap asal Indonesia terbaik pada etape I ini adalah Muh Imam Arifin, Ryan Ariehan, dan Alvin Firlandi.

Erwin Anwar, Race Director Tour de Siak 2016, mengungkapkan, sebanyak 65 pembalap dari 13 tim dalam dan luar negeri menjajal jalanan rute etape pertama 154,18 kilometer yang dimulai dari Istana Kesultanan Siak, Kota Siak Sri Indrapura menuju Dayun dengan berputar-putar dalam tiga lintasan.

Tantangan para pembalap pada etape kali ini cenderung lurus dan datar, bukan tanjakan atau tajamnya tikungan, tapi tekanan angin di sepanjang perjalanan melintasi perkebunan kelapa sawit selepas turunan Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah.

"Ini menjadi pembeda dengan event balap sepeda lain di Indonesia karena trayeknya yang lurus dan lebar," kata Erwin.

Tepat pukul 09.00 Waktu Indonesia Barat, seluruh pembalap melakukan start dengan dilepas oleh Kabid Promosi Wisata Buatan Kementrian Pariwisata Hendri Karnoza.

Pukul 12.30 WIB, para pembalap finish di Raja Kecik atau depan RSUD Tengku Rafian Siak Sri Indrapura.(ant)

 
Video: Perjuangan Atlet Difabel Demi Berlaga di Peparnas 2016 


(RIZ)