Jelang SEA Games 2017

Maria Londa Masih Andalan di Nomor Lompat Jauh

Antara    •    09 November 2016 20:50 WIB
olahragaatletik
Maria Londa Masih Andalan di Nomor Lompat Jauh
Maria Natalia Londa (Foto: MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Maria Natalia Londa targetkan dua medali emas SEA Games 2017 di Malaysia, sama dengan perolehannya di kejuaraan serupa pada 2015 lalu di Singapura.

"Mudah-mudahan setidaknya bisa sama dengan SEA Games 2015 lalu," tutur Maria dalam perbincangan di Stadion Atletik Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rawamangun, Rabu (9/11/2016).

Untuk meraih itu, atlet berusia 26 tahun tersebut fokus mempersiapkan diri latihan, termasuk latihan khusus disesuaikan dengan postur badannya di Legian, Bali.

Maria Londa adalah peraih dua medali emas SEA Games 2015 Singapura dari nomor lompat jauh dan lompat jangkit. Maria hampir mencatatkan rekor baru SEA Games jika lompatannya lebih dari 0,01 meter lagi.

Baca juga: Pelari Agus Prayogo Siap Pertahankan Emas 10.000 Meter

Saat itu, lompatan jauh Maria 6,70 meter, sementara rekor SEA Games sejauh 6,71 meter tercatat atas nama Marestella Torres dari Filipina.

Namun, hasil itu tidak terlalu mengecewakan karena jarak lompat jauh itu memenuhi batas Olimpiade dan membuat Maria lolos ke Olimpiade Brasil 2016, meski pada akhirnya gagal mencapai babak final kejuaraan multicabang terbesar di dunia tersebut.

Menjelang SEA Games, Maria yang juga meraih medali emas Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan itu, juga merasa senang karena cedera kaki yang dialaminya usai SEA Games 2015 tidak terulang kembali.

"Ketika itu hampir enam bulan saya istirahat," tutur Maria.

Nantinya, setelah SEA Games 2017 di Malaysia, 19-31 Agustus 2017, Maria hanya memiliki sedikit waktu istirahat karena harus bersiap menghadapi Asian Games 2018, di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

Di kejuaraan yang dilangsungkan di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018 tersebut, Maria sepertinya masih menjadi andalan untuk mendulang medali.

Maria pun berharap Indonesia bisa memunculkan bibit-bibit atlet lompat jauh yang unggul dari daerah sebagai penerus dirinya.

"Saya yakin banyak bibit pelompat yang bagus di daerah-daerah," kata Maria.(ant)

Video: EXCO PSSI Reformasi Usulkan Tiga Program Penting
 


(RIZ)