Gowes Pesona Nusantara 2017

Gowes Bareng Kemenpora Dapat Rekor Muri

Patricia Vicka    •    10 September 2017 11:20 WIB
olahragakemenpora
Gowes Bareng Kemenpora Dapat Rekor Muri
Menpora Imam Nahrawi (baju merah bertopi putih) menerima rekor Muri di Magelang, jateng, Sabtu (9/10) (MTVN/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Magelang: Acara Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 yang diadakan oleh Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) mendapat penghargaan rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri). Acara ini mendapat rekor "Bersepeda Secara Berkelompok Menempuh Jarak Jauh".

Senior Managet Muri Indonesia, Sri Widayati menjelaskan acara gowes bareng ini mendapatkan rekor karena belum pernah ada di Indonesia.

"Dapat rekor ke-8092. Karena ini acara unik dan langka,"kata Sri di Acara Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Stadion Moch Soebroto Kota Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (9/9/2017) kemarin.

(Baca: Menpora Pimpin Seremoni Penyatuan Tanah dan Air Indonesia)


Pemberian piagam rekor Muri langsung diserahkan ke Menpora Imam Nahrawi yang didampingi peserta GPN. Menpora mengatakan olahraga adalah kegiatan yang penting. Selain untuk kesehatan tubuh, olahraga bisa mempersatukan semua orang tanpa memandng suku, budaya, agama dan etnis. 

"Olahraga bisa jadi alat pemersatu bangsa. Maka kita harus gelorakan olahraga dan dukung olahraga Indonesia menjadi lebih maju. Apalagi 2018, Indonesia jadi tuan rumah Asian Games," ujar Nachrowi dalam kata sambutannya.

GPN adalah salah satu event rangkaian acara peringatan Harornas 2017. Acara ini dimulai tanggal 13 Mei lalu dan berakhir pada Jumat 8 September di Kota Magelang, Jawa Tengah. Titik start dibagi menjadi empat rute, yaitu Rute Barat, Rute Tengah, Rute Timur dan Rute Utara.

Kegiatan ini berlangsung meriah di setiap kota dan mampu menarik minat rata-rata 3.500 orang di setiap kotanya. Sudah ada sekitar 90 kota yang dilalui peserta selama aksi gowes bersama.

Video: Prestasi Olahraga di Titik Nadir
 


(REN)