Persiapan PON 2020 Papua

Mimika Sanggup Gelar 9 Cabor PON 2020

Kautsar Halim    •    04 April 2019 22:34 WIB
pon 2020
Mimika Sanggup Gelar 9 Cabor PON 2020
Warga menyaksikan proses pembangunan Kompleks Stadion Papua Bangkit di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Timika: Sebagai salah satu lokasi penyelenggaraan PON 2020 Papua, Kabupaten Mimika menyatakan siap menggelar sekitar sembilan cabang olahraga (cabor). Itu disampaikan Ketua Harian KONI Mimika, Cesar Avianto, di Timika, Kamis 4 April.

Cesar menjelaskan, terdapat delapan cabor yang bakal dipertandingkan di Timika, yaitu atletik (44 nomor pertandingan putra-putri), futsal, basket, golf, biliar, judo, tenis meja serta penyisihan sepakbola putra. Rencananya, bakal ditambah panjat tebing apabila disetujui oleh Gubernur Papua dan PB PON Papua.    

"Delapan cabang olahraga ini sudah pasti akan terselenggara di Timika. Bisa jadi ada penambahan satu cabang, yaitu panjat tebing. Kalau lebih dari itu cukup berat," kata Cesar.
 

Klik: Johann Zarco Sebut Motor KTM Sulit Bersaing


Cesar melanjutkan, Sub PB PON Papua di Timika akan membentuk Panitia Pelaksana (Panpel) pertandingan untuk sembilan cabor tersebut. Mengingat di Mimika terdapat 33 pengurus daerah cabor yang bisa diberdayakan.

Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) Mimika tengah berlangsung di Hotel Cenderawasih 66 Timika. Di sana, dibicarakan juga  pembagian tugas cabor tersebut untuk mendukung penyelenggaraan PON 2020 di Papua.    

"Jauh-jauh hari kami harus persiapkan semuanya. Setelah itu, nanti kami akan rapat dengan Sub PB PON Papua di Timika untuk berkoordinasi dengan PB PON Papua di Jayapura," ujar Cesar.
 

Klik: Ronald/Annisa Tersingkir dari Babak Kedua Malaysia Open


Beberapa venue yang sudah siap di Timika adalah arena basket di Stadion Indoor Mimika Sport Complex dan Stadion Atletik Terbuka Mimika Sport Complex. Kalau golf akan menggunakan Lapangan Golf Rimba Papua milik PT Freeport Indonesia di kawasan Kuala Kencana.

Untuk venue lainnya sedang dalam pembangunan, termasuk untuk cabor futsal, biliar, panjat tebing dan sepak bola. Khusus stadion sepak bola, rencananya bakal dibangun di kawasan Kampung Limau Asri. (ANT)




(KAU)