Asian Para Games 2018

Selain Raih Emas, Sapto Pecahkan Rekor Asia

Rendy Renuki H    •    09 Oktober 2018 19:37 WIB
Asian Para Games
Selain Raih Emas, Sapto Pecahkan Rekor Asia
Sapto Yogo Purnomo-Medcom.id/Kautsar

Jakarta: Sapto Yogo Purnomo berhasil mendapatkan medali emas keduanya di Asian Para Games 2018 dari nomor lari 100 meter T37, Selasa 9 Oktober. Selain meraih emas, atlet cabang para atletik itu pun berhasil memecahkan rekor Asia.

Sapto menjadi pelari yang finis paling depan dengan catatan waktu 11,49 detik. Ia mengungguli pelari Iran Davoudali Ghasemi dengan waktu 11,97 dan pelari Arab Saudi Ali Alnakhli dengan 12,01 detik.

Waktu yang dicatatkan Sapto di Stadion Utama Gelora Bung Karno sekaligus memutus rekor Asia yang dipegang Lian Yongbin. Atlet asal Tiongkok itu sebelumnya mencatatkan waktu 11,51 detik di Paralimpiade 2012 London.
 

Baca: Sapto Yogo Purnomo Kembali Sabet Emas di Atletik


Namun, pelari yang juga mendapatkan emas di nomor 200 meter putra T37 itu tak terlalu memikirkan pencapaiannya. Ia hanya berpikir untuk bisa finis paling depan di nomor 100 meter putra T37.

"Saya tidak memikirkan apa-apa termasuk memecahkan rekor. Saya hanya berlari saja, yang penting jadi nomor satu," ungkap Sapto usai perlombaan.
 

Baca juga: David Jacobs, From Hero to Hero


Namun, ia menegaskan jika catatan waktu yang dibuatnya kini sesuai dengan targetnya. Pasalnya, ia memang diproyeksikan menjadi pelari unggulan di nomor andalannya tersebut.

"Ya sudah sesuai target, tetapi semoga bisa lebih cepat lagi. Saat latihan terakhir sebelum Asian Para Games 2018, catatan waktu saya 11,50 detik," tutupnya.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Istiqomah Berhijab, Miftahul Jannah Beralih Jadi Pecatur



(ACF)