Jelang Asian Games 2018

Pelatnas Panjat Tebing Kedatangan Empat Atlet Anyar

Monica Felicitas Gracia V    •    06 Februari 2018 16:23 WIB
asian games 2018
Pelatnas Panjat Tebing Kedatangan Empat Atlet Anyar
Suasana pertandingan panjat tebing. (Foto: Antara/Maulana Surya)

Jakarta: PB FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia) kedatangan empat atlet baru untuk mempersiapkan skuat terbaik di ajang Asian Games 2018.

Kabin Binpres PB FPTI pusat Cally Setiawan mengatakan, empat atlet tersebut sengaja didatangkan guna menambah kuota pelatnas FPTI dan untuk memanaskan persaingan di pelatnas.

Empat atlet tersebut terdiri dari dua putra dan dua putri yakni Vedriq Leonardo (Kalimantan Barat), Alfian M Fajri (Jawa Tengah), Puji Lestari (DKI Jakarta) dan Agustina Sari (Jawa Tengah).

"Mereka didatangkan berdasarkan peringkat nasional, awalnya mereka hanya diundang untuk berlatih di pelatnas, ternyata progres mereka lebih bagus. Bahkan untuk catatan waktu (nomor speed) Alvian sudah mencapai waktu lima detik," kata Cally kepada Medcom.id, Selasa 6 Februari 2018.

Baca: Indonesia Sapu Bersih Kemenangan atas Singapura


Cally menambahkan, mendatangkan empat atlet baru dianggap lebih menguntungkan dari sisi pembinaan. Sebab, tensi persaingan diperlukan untuk menemukan atlet terbaik.  "Nantinya kami akan melaksanakan try out ke Moskow dan Tiongkok akhir April hingga Mei. Latih tanding selama tiga minggu," ujar Cally.

Ditanya mengenai promosi degradasi yang akan dilakukan PB FPTI, Cally mengatakan hal tersebut tergantung dari dana yang diturunkan Kemenpora.

"Saat ini kami memakai dana talangan dulu, karena turunnya dana dari Kemenpora itu berondongan, tidak seperti saat Satlak Prima. Nantinya, kami melihat dana dulu untuk melakukan degradasi," kata Cally.

Baca: Hafizh Syahrin tak Sabar Jalani Tes Pramusim Thailand


Cally yang sekaligus kepala pelatih Pelatnas FPTI menambahkan, skema degradasi nanti dilaksanakan sebelum try out dan melihat catatan waktu saat latihan dan simulasi.

"Tapi kalau empat orang pelatnas baru ini didanai, kemungkinan tidak ada promosi degradasi. Hanya saja, meskipun masuk pelatnas, belum tentu diturunkan di Asian Games," kata Cally.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Puan Minta Test Event Dioptimalkan untuk Uji Kesiapan Wisma Atlet


(ASM)