Mundur dari Paris Masters, Federer malah Pecahkan Rekor

Kautsar Halim    •    31 Oktober 2017 18:11 WIB
tenisroger federer
Mundur dari Paris Masters, Federer malah Pecahkan Rekor
Roger Federer. (AFP PHOTO / Fabrice COFFRINI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Roger Federer masih bisa berbangga hati meskipun harus mundur dari turnamen Paris Masters yang sudah berlangsung sejak Senin 30 Oktober. Itu terjadi karena ia telah memecahkan rekor sebagai pemilik hadiah terbesar di sepanjang sejarah perhelatan ATP Tour.

Federer memutuskan mundur dari Paris Masters karena mulai  kelelahan dengan seluruh pertandingan yang ia mainkan di sepanjang musim. Federer khawatir cedera lutut yang menimpanya pada 2016 bisa kambuh lagi apabila tetap memaksakan diri.

Menariknya, keputusan itu diambil Federer dalam waktu yang tepat, yakni setelah menjuarai turnamen Swiss Indoors di Basel beberapa hari lalu. Gelar tersebut juga sangat berarti karena tercipta di kota kelahiran Federer.


Klik: Vinales Minta Yamaha Belajar dari Kesalahan di Malaysia


Federer sempat menyampaikan permintaan maaf karena tidak bisa tampil di ajang Paris Masters. Akan tetapi, keputusan itu tetap harus ia ambil agar mampu berkarier dengan prima pada musim-musim berikutnya.

"Saya minta maaf yang sebesar-besarnya karena tidak bisa berpartisipasi di ajang Rolex Paris Master tahun ini. Tubuh saya butuh sedikit istirahat setelah melakoni turnamen di Basel," ujar Federer.

"Sudah banyak pertandingan tenis yang saya mainkan pada musim ini. Saya harus menjaga kebugaran agar bisa tampil di level tertinggi pada tahun-tahun mendatang," tambahnya.

"Sungguh menyakitkan ketika hanya bisa tampil setengah musim pada 2016. Jadi, saya harus belajar dari pengalaman itu," lanjut Federer.


Klik: Ucapan Selamat Rosberg untuk Hamilton


Hadiah uang tunai yang didapat Federer setelah menjuarai Swiss Indoors adalah sebesar USD464.589 (sekitar Rp6,2 miliar). Jumlah itu membuat Federer memiliki total hadiah di sepanjang musim ini sebanyak USD109.805.403 atau setara Rp1.488.890.379.229,24 triliun.

Total hadiah Federer pada musim ini dinyatakan paling besar dalam sepanjang sejarah karena telah melampaui pencapaian Novak Djokovic. Sebelumnya, rekor pemilik hadiah terbesar dipegang Novak Djokovic dengan besaran USD109.805.403 atau setara dengan Rp1.488.857.702.625,55 triliun

Sementara itu, Rafael Nadal menjadi petenis yang paling diuntungkan atas mundurnya Federer di Paris Masters. Pasalnya, pemain yang sedang bertengger di peringkat pertama hanya perlu memenangkan satu turnamen ATP Tour saja untuk menyalip Federer dan menjadi juara dunia pada musim ini. Gelar itu bahkan bisa didapat Nadal apabila menjuarai Paris Masters.

Sepanjang musim ini, Federer sudah menjuarai tujuh turnamen yang dinaungi ATP Tour. Berikut rinciannya:

Grand Slam
- Australia Open
- Wimbledon

ATP World Tour Masters 1000
- BNP Paribas Open
- Miami Open
- Shanghai Rolex Masters

ATP World Tour 500
- Gerry Weber Open
- Swiss Indoors

 


(RIZ)