Jelang SEA Games 2017

Presiden Jokowi Menanti Lagu Indonesia Raya Berkumandang di SEA Games 2017

Rendy Renuki H    •    07 Agustus 2017 13:12 WIB
sea games 2017
Presiden Jokowi Menanti Lagu Indonesia Raya Berkumandang di SEA Games 2017
Presiden Joko Widodo melepas kontingen Indonesia untuk berlaga di SEA Games 2017. (Foto: Dok. Kemenpora)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo secara resmi melepas kontingen Indonesia untuk SEA Games 2017 Malaysia di Istana Presiden, Jakarta, Senin 7 Agustus. Dalam acara pelepasan tersebut, Presiden didampingi Menteri Koordinasi Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

"Ingatlah, saudara sekalian akan mewakili bangsa Indonesia untuk SEA Games ke-29. Bangsa Indonesia adalah negara yang telah 10 kali menjadi juara umum di SEA Games, negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Asia Tenggara, sebanyak 250 juta mendukung saudara-saudara untuk mengharumkan nama bangsa dan negara," ujar Presiden Joko Widodo.

Presiden mengibaratkan saat para atlet jatuh, 250 juta rakyat Indonesia akan menangis. Saat para atlet bangkit, 250 juta rakyat Indonesia juga akan bersorak gembira.

Baca: Terselip Kesedihan di Balik Laga Terakhir Usain Bolt


"Satu hal yang lebih penting selain meraih medali SEA Games adalah saudara sekalian menunjukkan kepada dunia bahwa kita adalah bangsa yang tangguh, bangsa yang bisa bersaing, bangsa yang bermental pemenang yang menjunjung tinggi fairplay, disiplin, jadilah sumber inspirasi sumber optimisme bagi seluruh rakyat Indonesia," lanjutnya.

SEA Games menurut Presiden menjadi 'batu' untuk meloncat ke Asian Games 2018. Juara Umum di SEA Games 2017 akan menjadi kemenangan ke-11 bangsa Indonesia.

"Selamat berjuang mengharumkan nama bangsa Indonesia. Dari Tanah Air, saya menanti lagu Indonesia Raya berkumandang di SEA Games Malaysia dan Bendera Merah-Putih berkibar dengan gagah mewakili kebanggaan bangsa Indonesia," tutur Jokowi.

Presiden juga berharap pembinaan atlet Indonesia dapat dilakukan dengan baik secara terus menerus dengan kompetisi yang baik.

Baca: Honda Dominan, Marquez Juara GP Republik Ceko


"Semua negara saya rasa begitu, menyiapkan para atletnya untuk berjuang menjadi pemenang karena menyangkut kebanggaan dan prestasi bangsa. Untuk itu, pembinaan atlet harus dilakukan dengan terus menerus, persiapkan sistem kompetisi-kompetisi yang baik dan banyak sejak usia dini, remaja dan terus naik, semua cabang olahraga harus seperti itu serta dengan rencana anggaran yang baik dan terencana," papar Jokowi.

SEA Games Malaysia akan dibuka pada 19 Agustus dan ditutup pada 30 Agustus 2017. SEA Games ke-29 ini akan mempertandingkan 38 cabang olahraga dan memperebutkan 405 medali emas. 

Para Menteri Kabinet Kerja, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, para pejabat eselon I, II Kemenpora, Ketua KOI Erick Thohir, CdM Kontingen Indonesia Aziz Syamsudin, Ketua Umum KONI dan Kasatlak Prima turut hadir pada acara pelepasan ini.

Video: Marquez Juarai GP Republik Ceko



(ASM)