Asian Para Games 2018

Update Klasemen Medali: Tambah 4 Emas, Indonesia Masih di Posisi Keenam

Patrick Pinaria    •    08 Oktober 2018 23:37 WIB
Asian Para Games
Update Klasemen Medali: Tambah 4 Emas, Indonesia Masih di Posisi Keenam
Syuci Indriani mempersembahkan medali emas untuk Indonesia (Foto: MI/Rommy Pujianto)

Jakarta: Berakhir sudah perhelatan hari ketiga Asian Para Games 2018, Senin 8 Oktober. Pada perhelatan hari ini, Indonesia berhasil menambah empat medali emas. 

Keempat emas tersebut disumbangkan oleh atlet-atlet disabilitas Indonesia di tiga cabang olahraga para atletik dan satu atlet cabang olahraga renang. Atlet-atlet itu di antaranya adalah Suparniyati (cabor tolak peluru F20), Rica Oktavia (cabor lompat jauh T20), Sapto Yogo Purnomo (cabor nomor lari 200 meter putra) dan Syuci Indriani (cabor para renang).

Suparniyati menjadi penyumbang emas pertama Indonesia hari ini. Ia sukses memenangkan babak final pertandingan nomor tolak peluru F20.

Pada babak final itu, Suparniyati mencatatkan lemparan sejauh 10,75 meter. Catatan lemparannya mengalahkan atlet Jepang Nakada Hiromi (10,51 meter) dan atlet Indonesia lainnya, Tiwa (6,44 meter).

Baca: Syuci Indriyani Persembahkan Emas Keempat bagi Indonesia

Sumbangan emas kembali didapat Indonesia melalui atlet para atletik, Rica Oktavia. Bertanding di final nomor T20 lompat jauh, ia meraih kemenangan setelah lompatannya mencapai 5,25 meter. 

Bagi Rica, pencapaian ini sangat membanggakan. Selain meraih medali emas, pencapaian lompatannya mampu memecahkan rekor Asia. Sebelumnya, rekor Asia menjadi milik atlet Malaysia Siti Noor Radiah Ismail yang mencatatkan lompatan sejauh 5,20 meter di Paralimpiade 2016.

Kemudian, emas keempat hari ini diperoleh Indonesia melalui atlet para renang, Syuci Indriani. Ia sukses mempersembahkan medali emas setelah memenangkan pertandingan final di nomor 100 meter gaya dada putri.

Ini menjadi sumbangan medali kedua Indriani untuk Indonesia. Sebelumnya, ia sudah mempersembahkan medali perunggu di nomor 200 meter gaya bebas putri.

Baca: Cah Purwokerto Persembahkan Emas untuk Indonesia

Indonesia lagi-lagi mendapatkan medali emas dari cabor para atletik. Kali ini, mereka dapatkan di nomor lari 200 meter putra melalui Sapto Yogo Purnomo. Ia menjadi penyumbang medali emas terakhir untuk Indonesia pada hari ini.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sapto sukses finis di urutan pertama dengan catatan waktu 23,76 detik. Ia mengalahkan Ali Ofatnia yang meraih posisi runner-up (24,27 detik) dan Davoudali Ghasemi menempati peringkat ketiga (24,38 detik). 

Perjuangan keempat atlet mendapatkan tiga medali emas ini juga membanggakan buat Indonesia. Sebab, dengan keberhasilan mereka, koleksi medali emas Indonesia mencapai lima keping di klasemen medali. Jumlah medali tersebut membuat mereka mampu mempertahankan posisi keenam klasemen sementara.

Adapun, Tiongkok makin mempertegas superioritasnya. Sejauh ini, mereka sudah mengoleksi 39 medali emas. Perolehan yang membuat mereka semakin meninggalkan pesaing terdekatnya, yakni Korea Selatan yang baru mengoleksi 14 medali emas.

Perubahan mengejutkan terjadi di posisi ketiga. Uzbekistan secara mengejutkan berhasil menggusur Jepang usai mengumpulkan 12 emas. Adapun, Jepang tercecer di posisi empat karena baru mengemas 10 emas.


Video: M Fadli Rebut Medali Perak di Balap Sepeda

 


(ACF)