Gempa Bumi dan Tsunami di Palu

Tiga Pilot Paralayang Korban Gempa Masih Belum Ditemukan

Rendy Renuki H    •    02 Oktober 2018 23:03 WIB
olahraga
Tiga Pilot Paralayang Korban Gempa Masih Belum Ditemukan
Suasana pascagempa bumi di Hotel Roa-Roa, Palu. (Foto: AFP/Jewel Samad)

Jakarta: Tiga pilot korban gempa 7,4 SR disertai tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat 28 September masih belum ditemukan. Ketiga pilot tersebut adalah Reza Kambey, Serda Fahmi, dan pilot asal Korea Selatan bernama Lee Dong Jun.

Ketiga pilot tersebut merupakan peserta lomba paralayang lintas alam Palu Nomoni 2018. Mereka termasuk dari tujuh rombongan pilot yang hilang kontak setelah Hotel Roa-roa di Palu tempat mereka menginap roboh dihantam gempa.

Ketua Paralayang Indonesia Wahyu Yudha mengatakan tim evakuasi masih terus mencari keberadaan ketiga pilot tersebut. Ia mengakui usai kejadian sempat mengalami kesulitan pencarian, dikarenakan alat berat yang baru tiba di lokasi hari ini.

"Reza Kambey masih dalam proses pencarian. Dia juga merupakan atlet Pelatnas Asian Games 2018, posisi saat ini masih belum ditemukan. kita berharap yang terbaik bagi atlet tersebut," ujar Wahyu saat ditemui di Kantor Kemenpora, Selasa 2 Oktober. 

"Satu lagi ada Serda Fahmi, beliau dari TNI AU yang memang aktif dalam kegiatan paralayang. Kondisinya kini masih dalam proses pencarian. Terakhir, Lee Dong Jun atlet paralayang Korea yang aktif ketika Indonesia menggelar kejuaraan, dan sekarang masih belum ditemukan," paparnya.

Sementara, empat pilot paralayang lainnya telah berhasil ditemukan tim evakuasi dari reruntuhan Hotel Roa-roa. Sayang, keempat pilot yakni Petra Mandagi, Glenn Mononutu, Ardi Kurniawan, dan Franky Kowaas ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa.

Kejuaraan paralayang lintas alam Palu Nomoni 2018 sendiri diikuti oleh 32 pilot yang berasal dari berbagai daerah, termasuk tiga pilot mancanegara. Menurut jadwal, kejuaraan tersebut dimulai kamis 27 September hingga 30 September, namun dihentikan setelah Jumat 28 September sore waktu setempat gempa terjadi di Palu dan Donggala.

Video:Suporter Bola di Indramayu Gelar Deklarasi Damai