Tour de Linggarjati 2016

Tujuh Tim Mancanegara Ikut Tour de Linggarjati 2016

   •    13 September 2016 18:27 WIB
balap sepeda
Tujuh Tim Mancanegara Ikut Tour de Linggarjati 2016
Ilustrasi (Istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia balap sepeda Tour de Linggarjati (TdL) menyebutkan tujuh tim dari mancanegara menyatakan mengikuti gelaran untuk kedua kalinya tersebut.

"Sampai saat ini ada tujuh tim yang sudah menyatakan akan ikut di TdL 2016 yang berasal dari beberapa negara," kata Ketua Panitia TdL 2016 Dian Rakhmad Yanuar di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Tim yang sudah menyatakan akan ikut dalam gelaran TdL 2016 di Kuningan, Jawa Barat tersebut, yaitu National Sports Council (Malaysia), Trengganu Cycling Team (Malaysia), Black Ink (Singapura), Singha Infinite (Thailand), St. George Merida (Australia), LOF Cycling Team (Filipina) dan Eddy Hollands (Australia).

Selain tujuh tim yang telah menyatakan kesanggupannya untuk ikut serta dalam gelaran TdL 2016 tersebut, lanjut Dian, ada tiga tim yang sedang dalam pendekatan untuk bisa diajak ikut serta, yaitu Colombia Cycling Team (Kolombia), Kinan Cycling Team (Jepang) dan Action Cycling Team (Taiwan).

"Jadi totalnya ada 10 tim mancanegara yang kami undang dimana dua di antaranya merupakan tim dengan pembalap dari beberapa negara, yakni Black Ink dan Singha Infinite. Semua tim akan berlaga di tiga etape yang kami siapkan dan berlomba dengan tim lokal," katanya.

Sementara itu, ada 10 tim profesional dan komunitas asal Indonesia yang akan ikut serta dalam TdL 2016, yaitu Pegasus Continental Cycling Team, KFC Jakarta, CCC Indonesia, BRCC Banyuwangi, UBK Malang, P-RCT Jakarta, Lombok Bike Community, PRB-Pessel Bank Nagari, SAKB Bandung dan Kuningan Cycling Team.

Kendati bertaraf internasional karena akan diikuti tim dari beragai negara, gelaran TdL ini belum terdaftar di Union Cycling Internationale (UCI). Namun dia menyebut gelaran tersebut telah diakui oleh badan olahraga sepeda internasional itu dan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI).

Hal tersebut ditegaskan Menteri Pariwisata Arief Yahya yang mengatakan kerana pengakuan tersebut juga, menjadi alasan TdL menjadi gelaran yang berskala internasional.

Dalam TdL, atlet balap sepeda akan memerebutkan titel juara dengan total hadiah sebesar Rp500 juta. TdL 2016 melombakan tiga kelas, yakni Individual Time Trial, Road Race/Circuit Race, dan Criterium untuk elite (senior), junior, dan youth (pemula).(ant)

 
Video: Tony Martin Juara Individu Time Trial Tour of Britain


(RIZ)

Tomcat Serang Atlet PON Cabor Pencak Silat
PON 2016

Tomcat Serang Atlet PON Cabor Pencak Silat

21 minutes Ago

Sebelas Pesilat yang bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, diserang oleh binata…

BERITA LAINNYA