PON 2016 Cabang Voli Indoor

Banyak Dihuni Pemain Timnas, Pelatih Voli Jabar Sempat Kesulitan

Roni Kurniawan    •    28 September 2016 23:26 WIB
pon 2016
Banyak Dihuni Pemain Timnas, Pelatih Voli Jabar Sempat Kesulitan
Tim voli jabar banyak dihuni pemain timnas (Foto: MTVN/Roni)

Metrotvnews.com, Bandung: Tim voli indoor putri Jawa Barat memang cemerlang saat melawam tim putri Jawa Timur di final Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016. 

Bermain i Gelora Sabilulungan Si Jalak Harupat, Soreangan, Kabupaten Bandung, Rabu 28 September, Yolla Yuliana CS berhasil meraih kemenangan dengan skor telak 3-0 (25-16, 25-17, 21-25) sekaligus mendulang medali emas bagi Jawa Barat. 

Perjalanan tim Jabar di ajang multi event empat tahunan tersebut terbilang mulus. Mereka selalu menang dengan skor telak 3-0. Sejak perdana menghadapi Riau, Sumatra Utara, hingga Jawa Timur hingga di laga penentuan, tim Jabar selalu menang.

Diakui pelatih tim voli indoor putri Risco Herlambang, sebenarnya untuk membesut tim Jabar terbilang sulit. Pasalnya beberapa pemain yang bergabung adalah pemain yang bersaing di ajang Proliga, kasta tertinggi kompetisi bola voli indoor.

"Pemain bintang itu susah buat saya untuk menyatu. Apalagi setelah Proliga, yang saya takutkan ada gesekan waktu kemarin di Proliga. Tapi alhamdulillah akhirnya itu bukan menjadi hambatan," kata Risco usai laga.

(Baca juga: Bekuk Jatim di Final, Tim Voli Putri Jabar Raih Medali Emas)

Tim Jabar memang bertabur bintang karena mayoritas pemain timnas Indonesia. Itu menjadi tantangan tersendiri bagi Risco untuk menyatukan tekad, guna meraih prestasi tertinggi bersama Jabar.

"Bisa dilihat juga ini seperti miniatur timnas. Justru tidak gampang menyatukan pemain timnas ini," lanjutnya.

Risco mengatakan, butuh waktu untuk menyatukan para pemain bintang seperti Yolla Yuliana, Amalia Fajrina Nabila, dan Wilda Siti Nurfadillah dalam satu tim. Bahkan Risco mengamini permintaan dari anak asuhnya untuk dilakukan pemusatan agar bisa menjalin kekompakan.

"Kita lakukan pemusatan latihan beberapa waktu lalu. Dan untuk membuat mereka tidak jenuh dan biar kompak, malah saya silakan mereka mau liburan kemana. Mereka mau ke Disney Land, saya berikan," tuturnya.

Hasil kerja keras Risco menyatukan tim putri Jabar akhirnya berbuah manis. Dengan kegigihan serta kematangan tangan dinginnya, tim voli putri Jabar mampu melenggang mulus hingga meraih keping emas.

"Terimakasih banyak warga Jabar atas dukungannya. Heboh banget luar biasa. Alhamdulillah kita bisa dapat emas," pungkasnya.
 
Video: Kalahkan Sumsel, Tim Sepak Bola Papua Raih Perunggu


(RIZ)