Jelang Asian Games 2018

Tim Inti Taekwondo Terbentuk Setelah Uji Coba ke Luar Negeri

Monica Felicitas Gracia V    •    10 Februari 2018 07:03 WIB
olah ragabela diri
Tim Inti Taekwondo Terbentuk Setelah Uji Coba ke Luar Negeri
Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta: Kepala Bidang Prestasi Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Rahmi Kurnia mengatakan, dirinya menargetkan awal Mei mendatang, tim inti Taekwondo untuk Asian Games 2018 terbentuk.

Sebelum terbentuknya tim inti, para atlet Taekwondo Indonesia akan melakukan beberapa kali uji coba dan pemusatan latihan. Rahmi menjelaskan, uji coba nomor Kyorugi akan diikutkan di beberapa event, yaitu Malaysia Open, German Open, Kejuaraan se-Asia di Vietnam dan Korea Open. Sementara nomor Poomsae, ada Malaysia Open Maret mendatang.

"Setelah Malaysia Open baru akan ada promosi degradasi. Nantinya pada kejuaraan Asia di Vietnam sudah terbentuk tim inti," kata Rahmi kepada Medcom.id, usai Technical Meeting Test Event Asian Games 2018, pada Jumat 9 Februari 2018, di JIExpo Kemayoran.

Baca juga: Taekwondoin Indonesia Bertemu Wakil Malaysia

Ditanya mengenai target yang ditetapkan PBTI kepada atlet Indonesia, Rahmi enggan mengatakan target pasti yang diharapkan PBTI.

"Belum bisa membicarakan target, yang pasti itu ada. Pokoknya kami akan memenuhi target PBTI," kata Rahmi.

Jelang Asian Games Agustus mendatang, Rahmi menambahkan, bukan perkara mudah untuk bisa mengumpulkan pundi emas. Saat SEA Games 2017 Malaysia, atlet Indonesia menduduki peringkat keempat dan membawa pulang 2 emas, 3 perak dan 4 perunggu.

Baca juga: Tim Basket Indonesia Gulung Timor Leste

"Fifthy-fifthy (kesempatan Indonesia berjaya di cabor Tarkwondo), karena untuk kelas Kyorugi saja sekarang kemampuan merata. Tidak selalu Korea atau Malaysia yang unggul. Saat ini setiap negara memiliki spesialisasi sendiri-sendiri di nomor yang berbeda-beda," jelas Rahmi.

Dengan adanya banyak uji coba keluar negeri bagi timnya, Rahmi berharap atletnya bisa lebih kaya pengalaman dan bisa menghadapi tipe permainan apapun.

"Nantinya juga akan ditambah TC (Training Camp) di Korea mulai Mei hingga awal Agustus," imbuh Rahmi.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: 8 Cabor Gelar Test Event Asian Games 2018
 


(RIZ)