Menpora Beberkan Keberhasilan Program 2018

Gervin Nathaniel Purba    •    21 Desember 2018 20:19 WIB
berita kemenpora
Menpora Beberkan Keberhasilan Program 2018
Menpora Imam Nahrawi (tengah). Foto: Dok. Kemenpora

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyampaikan berbagai program yang sukses dilaksanakan pada tahun ini. Asian Games dan Asian Para Games,di antaranya.

"Asian Games dan Asian Para Games alhamdulillah sukses. Prestasinya menggembirakan kita pada peringkat keempat Asian Games dan lima di Asian Para  Games," ujar Imam, dalam Refleksi Akhir Tahun 2018 dan Doa Bersama, Jakarta, Jumat, 21 Desember 2018.

Perjuangan para atlet, pelatih, asisten pelatih, dan doa dari masyarakat telah membuahkan hasil yang menggembirakan bagi Indonesia. Dengan hasil ini, Kemenpora optimistis Indonesia mampu menjadi tuan rumah untuk event yang lebih besar lagi, yaitu Olimpiade 2032.

"Pada 2019, semua kegiatan di Kemenpora harus diniatkan untuk menuju sukses Olimpiade Tokyo 2020," ujarnya.

Selain itu, target yang sedang dibidik ialah masuknya pencak silat pada Olimpiade Tokyo 2020. Untuk mewujudkannya, Kemenpora melalukan promosi pencak silat ke luar negeri.

"Ini menjadi bagian dari misi Kemenpora," kata Imam.

Di sisi lain, Kemenpora telah meresmikan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Disabilitas, di Solo. Melalui SKO, Kemenpora memberikan ruang pendidikan kepada anak-anak disabilitas yang berbakat di bidang olahraga.

Sementara itu, pada bidang kepemudaan, Kemenpora mempunyai program Kirab Pemuda. Para peserta berbaur dengan masyarakat dan tidur di rumah penduduk. 

Program ini juga mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan di dalamnya. "Untuk 2019, program Kirab Pemuda dibuat lebih luas lagi sehingga yang terlibat bukan hanya peserta, tapi juga anak-anak lain," katanya.


(ROS)