PON 2016 Cabang Polo Air

Dikalahkan DKI, Tim Polo Air Putri Jabar Tetap Cetak Sejarah

Kautsar Halim    •    26 September 2016 21:17 WIB
pon 2016
Dikalahkan DKI, Tim Polo Air Putri Jabar Tetap Cetak Sejarah
Suasana kesedihan tim polo air Jabar (Foto: MTVN/Kautsar)

Metrotvnews.com, Bandung: Isak tangis pecah di kolam renang Gelanggang Olah Raga (GOR) Si Jalak Harupat ketika tim polo air putri Jawa Barat dipaksa mengakui kemenangan DKI Jakarta pada final Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, Senin 26 September. Tuan rumah Jabar dipermalukan DKI dengan skor cukup telak 8-14.

Usai laga, sebagian besar pemain Jabar langsung memeluk orang tua atau staf pelatih yang mendukung mereka. Tindakan spontan itu terjadi karena mereka tidak mampu menahan kecewa dikalahkan tim tamu. Kekecewaan itu wajar, karena tim polo air putra Jabar juga kalah saat berjumpa DKI di final.

Berbeda dengan para anak-anak asuhnya yang kecewa dan bersedih, manajer tim polo air Jabar Tendy Suwarman justru merasakan hal sebaliknya. Ia mengklaim pencapaian Jabar sebagai runner up sudah luar biasa karena tim polo air putri Jabar sudah mengukir sejarah.

(Baca juga: DKI Jakarta Kawinkan Gelar Juara Polo Air PON 2016)

"Saya tetap puas dengan hasil ini karena anak-anak Jabar sudah bertanding maksimal. Seperti diketahui, 70 persen pemain DKI adalah atlet nasional," kata Tendy kepada Metrotvnews.com seusai laga.

"Empat tahun lalu kami enggak dapat medali, tapi sekarang malah dapat perak. Hasil ini sudah sebuah lonjakan besar dan sejarah baru buat Jabar," tambahnya.

Dominasi DKI di final terlihat dari segala sektor. Mulai pola permainan, kecepatan, hingga akurasi tembakan terbukti Jabar kalah jauh. Tak heran, jika pemain DKI sering mencetak gol lewat lemparan jarak jauh.

"Jam terbang atau pengalaman anak-anak kami (Jabar, red) memang masih kurang. Kemudian DKI juga menggunakan dua pelatih Tiongkok untuk melawan kami. Jadi hasil ini tetap luar biasa," ujar Tendy.

Sekadar informasi, tim polo air putri Jakarta merupakan juara bertahan di ajang PON. Sebelumnya mereka juga merebut emas pada PON 2012 Riau dan PON 2008 Kalimantan Timur.
 
Video: Kontingen DKI Dominasi Perolehan Medali Cabor Atletik


(RIZ)