TAFISA Games 2016

Indonesia Raih Delapan Medali di Kejuaraan Liong dan Barongsai

   •    11 Oktober 2016 20:14 WIB
olah raga
Indonesia Raih Delapan Medali di Kejuaraan Liong dan Barongsai
Dok NTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia berhasil meraih delapan medali pada Kejuaraan Dunia Barongsai dan Tari Naga The Association for International Sport for All (TAFISA) World Sport for All Games 2016, yang diselenggarakan di Ecovenction, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.

Dari empat kategori yang dipertandingkan, yaitu Barongsai Tradisional, Liong, Pekingsai dan Tonggak, tim Indonesia yang diwakili beberapa provinsi mendapat satu emas, tiga perak dan empat perunggu, kata Ketua Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) Nurdin Purnomo, Selasa 11 Oktober 2016.

Penyerahan medali dilakukan Ketua Panitia Pelaksana TAFISA 2016 sekaligus Ketua Umum Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Hayono Isman dan Ketua ersatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) Nurdin Purnomo.

"Prestasi ini merupakan suatu terobosan karena kejuaraan dunia yang didukung Komite Olimpiade Internasional (IOC), UNESCO serta pemerintah Indonesia ini pertama kalinya diadakan sepanjang sejarah," ujar Nurdin Purnomo.

Menurut Nurdin, prestasi ini tidak bisa berhenti begitu saja. Oleh karena itu, para peserta dari Indonesia akan terus diikutkan ke turnamen-turnamen internasional yang kelak akan diadakan sekali setahun.

Selain itu kejuaraan yang sama juga akan diadakan kembali pada TAFISA World Sport for All Games ke-7 pada 2020 yang diadakan di Portugal.

"Pasti kami adakan kembali," kata Nurdin, selaku Ketua ASIANIA Kungfu Dragon and Lion Dance Federation dan World Kungfu Dragon and Lion Dragon Federation.

Hayono Isman pun mengamini pernyataan Nurdin. Dia menuturkan bahwa kejuaraan dunia di TAFISA 2016 harus dijadikan batu loncatan agar peserta, khususnya dari Indonesia, semakin baik.

"Semakin banyak kompetisi yang diikuti semakin baik," kata Hayono.

Baca juga: Sepi Pengunjung, Menpora akan Evaluasi TAFISA Games 2016

Sementara itu, pelaksanaan kompetisi yang diikuti sepuluh negara dan tujuh provinsi ini juga tidak lepas dari pengamatan para peserta. Kevin Ng, peserta asal Hongkong, menyarankan agar turnamen berikutnya bisa menghadirkan lebih banyak peserta agar lebih kompetitif.

Hongkong sendiri mendapatkan tiga emas dari empat kategori yang dipertandingkan dalam kejuaraan tersebut. Adapun Indonesia diwakili tim BDS Bangka Belitung mendapatkan emas dari kategori Barongsai Tonggak.

Sementara perak dari kategori Barongsai Tradisional (tim barongsai Huang Ho Say tim B dari Provinsi DKI Jakarta), kategori Liong (tim Liong Ching Lung dari Bekasi, Jawa Barat) dan kategori Barongsai Tonggak (tim Longhu - Jawa Barat).

Perunggu didapatkan Indonesia dari tim barongsai  Singa Mas Formi Banten, tim Liong GKB Jawa Barat, tim Long Wang dari Jawa Barat dan tim Jing Se Dui, Jawa Barat.(ant)
 
Video: 18 Tim Bersaing di Kejuaraan Liong dan Barongsai TAFISA Games 2016


(RIZ)