Jelang PON XIX 2016 Jawa Barat

Papua Barat Kirim 4 Atlet Silat di PON XIX Jawa Barat

Andre Raunsay    •    06 September 2016 12:32 WIB
pon 2016
Papua Barat Kirim 4 Atlet Silat di PON XIX Jawa Barat
Suasana latihan atlet silat Papua Barat jelang tampil di PON XIX 2016 Jawa Barat (Foto: MTVN/Andre Raunsay)

Metrotvnews.com, Sorong: Provinsi Papua Barat berhasil meloloskan empat atlet pencak silat-nya untuk bertarung di PON XIX 2016 Jawa Barat. Empat atlet putra-putri itu lolos usai mengikuti Pra PON wilayah III di Kabupaten Gorontalo Provinsi Papua Barat, November 2015 silam.

Keempat atlet ini nantinya akan turun di beberapa kelas yang dipertandingkan. Sayang, Papua Barat tidak bisa mengirimkan wakilnya untuk bertanding di kategori seni, baik seni tunggal, ganda dan beregu.

Hal ini dikarenakan atlet putra-putri Papua Barat hanya menempati posisi empat pada babak final di Pra PON. Adapun, hanya juara 1, 2 dan 3 Pra PON yang berhak tampil di PON XIX yang akan diselenggarakan di Provinsi Jawa Barat, mulai 17 September nanti.

"Keempat atlet yang lolos di antaranya; Nani Sofiani, Aniek Nurhayati, Mega Putri Anggraeni, dan Abdulah Yusuf, " demikian kata Asisten Pelatih Joko Santoso Senin (5/9/2016).


(Suasana penyerahan medali pada PRA Pon di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Papua Barat. Foto: MTVN/Andre Raunsay)

Lebih jauh, Joko menjelaskan bahwa keempat atlet di atas masih mengikuti pemusatan latihan (Training Camp/TC) yang telah digelar sejak Februari lalu di Mojokerto, Jawa Timur.

"TC Kami bagi menjadi 4 tahap, yaitu tahap persiapan umum, persiapan khusus, pra kompetisi dan kompetisi pertandingan utama yang kesemuanya itu untuk memudahkan pelatih dalam mengontrol perkembangan atlet, juga memudahkan dalam pelatih memberikan materi dari fisik, teknik, taktik dan mental," lanjutnya.

"Sedangkan untuk melihat perkembangan dari tahapan dalam program yang ada, kami lakukan beberapa kali kegiatan tes skill secara intern. Untuk melihat perkembangan atlet secara keseluruhan kami pun memprogramkan untuk melaksanakan try out," imbuhnya.

Untuk target di PON, Joko tidak ingin memasang target muluk. Ia hanya berpesan agar anak didiknya menunjukkan performa yang maksimal sehingga bisa mendapatkan hasil yang juga maksimal.

"Untuk tahap mendekati pertandingan, kami tinggal mempertahankan teknik, fisik, taktik juga mental agar atlet bisa mendapat hasil yang sempurna, sesuai harapan dan doa para atlet, ofisial dan para pendukung. Medali emas menjadi sasaran utama," Tukas Joko. 

Adapun susunan tim dalam kontingen IPSI Papua Barat antara lain Muh. Hasim (manajer), Sutarna (Pelatih Kepala), Joko Santoso dan Melkianus Wanggober (Asisten pelatih). 

Berikut Prestasi Atlet Pencak Silat Papua Barat di Pra PON:

Nani Sofiani asal perguruan SH.Terate cabang Manokwari. (Juara III kategori tanding C putri kelas 55-60 kg)

Aniek Nurhayati asal perguruan SH.Terate cabang Manokwari. (Juara III kategori tanding D Putri kelas 60-65 kg)

Mega Putri Anggraeni asal perguruan SH Terate Cabang Sorong. (Juara I kategori tanding F Putri kelas 70-75 kg)

Abdulah Yusuf asal Perguruan Persinas Asad, Sorong. (Juara I kategori tanding F Putra kelas 70-75 kg).


(ACF)