Jelang Olimpiade 2020

Basket 3 on 3 Dipertimbangkan Masuk Olimpiade 2020

Alfa Mandalika    •    06 Juni 2017 14:50 WIB
olimpiade 2020
Basket 3 on 3 Dipertimbangkan Masuk Olimpiade 2020
Suasana basket 3 on 3. (Foto: Ant/Arif Firmansyah)

Metrotvnews.com, Jenewa: International Olympic Committee (IOC) terus menyiapkan diri jelang Olimpiade 2020. Salah satu hal yang dikerjakan IOC dalam waktu dekat ialah memasukan daftar cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Tokyo, Jepang.

Rencananya, IOC akan menentukan cabor yang akan dipertandingkan pada pekan depan atau satu bulan lebih cepat dari jadwal yang dirilis.

Di antara 60 proposal yang masuk, cabor bola basket 3 on 3 menjadi cabor yang dipertimbangkan untuk Olimpiade 2020. Sejumlah pendapat komite IOC akan didengarkan untuk menentukan apakah basket 3 on 3 layak masuk Olimpiade.

"Sekarang, setelah ada pertemuan dewan eksekutif pada 9 Juni ada kesempatan untuk membahas cabor. Selain itu, keputusan awal jelas akan bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat," demikian pernyataan IOC.

Baca: Final NBA 2017 Tembus 20 Juta Penonton


Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) yakin basket 3 on 3 cocok untuk Olimpiade. Apalagi, olahraga tersebut sudah digandrungi oleh masyarakat modern.

"Olahraga terbaik untuk orang perkotaan adalah bola basket 3 on 3. Pasti akan sangat cocok," ujar Sekretaris Jenderal FIBA, Patrick Baumann.

Baca: Gerak Cepat Matangkan Regenerasi


Kepastian apakah basket 3 on 3 mengikuti Olimpiade memang harus menunggu keputusan IOC. Selain basket 3 on 3, sejumlah proposal dari cabor lain juga diterima IOC. Proposal yang sudah masuk ialah Kano, Dayung, dan Menembak. Rata-rata proposal dari tiga cabor itu menginginkan jumlah atlet wanita diperbanyak. (NBA.com)

Video: Warriors Taklukan Cavaliers 132 - 113
 


(ASM)