15 Venue Asian Games 2018 akan Ditempatkan di Jabar

Jaenal Mutakin    •    20 April 2017 18:06 WIB
asian games 2018
15 Venue Asian Games 2018 akan Ditempatkan di Jabar
Ilustrasi Balap Sepeda

Metrotvnews.com, Bandung: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan 15 Venue pertandingan dan 11 Venue latihan untuk ajang Asian Games 2018 akan ditempatkan di Jawa Barat. Sebelumnya, pemerintah pernah mengusulkan agar venue dan tempat latihan ditempatkan di DKI Jakarta.

"Dinas Olahraga dan Pemuda Jabar telah mengadakan rapat yang di Pandu Deputi Bidang Kebijakan pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Sekretariat Wapres RI Bambang Widianto. Hasilnya disepakati Jabar mendapat venue pertandingan terbanyak," ujar Iwa, Sekda Jabar, saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis (20/4/2017). 

"Pertandingn sepak bola akan digelar di tiga tempat yakni Wibawa Mukti Bekasi, Jalak Harupat Bandung, Pakansari Bogor," beber Iwa

Awalnya. pelaksanaan terpusat di Kota Palembang dan Jakarta. Kini, semuanya sepakat Jabar menjadi tuan rumah 15 pertandingan. Penetapan dilakukan setelah Gubernur Jabar Ahmad Heryawan melalui Disorda mendorong kemenpora melakukan percepatan penerbitan keputusan mengenai penetapan venue.

"Komite Penyelenggara SEA Games Indonesia (Inasoc) dan Induk cabang olahraga bersama Pemprov melakukan penilaian kebutuhan pembangunan atau menata infrastuktur pendukung pertandingan.  Ini menjadi dasar pengajuan anggaran," tambah Iwa.

Setelah ini, Pemprov Jabar dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama ketua umum Komite Olahraga Indonesia (KOI), Inasco, dan Induk cabang melakukan rapat koordinasi pada Jumat 21 April.

Jabar awalnya mendapat jatah menggelar pertandingan sepak bola, paralayang, dan BMX. Kini, Jabar dipercaya menggelar pertandingan sepak bola, paralayang, modern phentalaton, bridge, sepeda gunung, balap sepeda, roller sport, bola tangan, canoe slalom, dan surfing.

 


(HIL)