Roger Federer

Federer Membidik Rekor Wimbledon

Alfa Mandalika    •    15 Juni 2017 10:36 WIB
tenis
Federer Membidik Rekor Wimbledon
Roger Federer. (Foto: AFP/

Metrotvnews.com, Jakarta: Eks petenis peringkat satu dunia asal Swiss, Roger Federer akan memulai kampanye menghadapi turnamen lapangan rumput dengan tampil di Stuttgart Open, Jerman.

Gelar di Wimbledon menjadi target utama Federer untuk bisa menciptakan rekor sebagai petenis yang paling banyak menjadi juara di grand slam lapangan rumput tersebut.

Bersama mantan petenis asal Amerika Serikat Pete Sampras, Federer merupakan petenis yang paling banyak menjadi juara di Wimbeldon yaitu sebanyak tujuh kali.

Absen di Prancis Terbuka 2017 merupakan salah satu program Federer untuk bisa menuai hasil maksimal di Wimbledon.

Hingga pertengahan tahun ini, Federer memang baru tampil di empat turnamen. Tiga gelar didapat petenis berusia 35 tahun itu pada 2017 yaitu Australia Terbuka, Miami Masters, dan Indian Wells.

"Tidak ada lagi istirahat. Saya sudah cukup mendapatkannya. Kini saya akan tampil dalam turnamen-turnamen reguler di paruh kedua tahun ini," kata Federer.

Baca: Bottas: Terlalu Dini Membicarakan Perpanjangan Kontrak


Di Stuttgart Open, Federer akan menghadapi petenis veteran Jerman Tommy Haas pada babak pertama.

Jika menang, itu akan menjadi kemenangan ke-1.100 Federer di karier profesionalnya. 

Di sisi lain, setelah menciptakan rekor dengan merebut gelar ke-10 di Prancis Terbuka, Rafael Nadal memutuskan untuk beristirahat.

Petenis Spanyol itu menyatakan tidak akan tampil di ajang turnamen pemanasan menjelang Wimbledon, Aegon Championships, di Queen, Inggris.

Baca: Minus Lin Dan, Sejumlah Pebulu Tangkis Beken Lolos ke Babak Kedua


"Saya meminta maaf tidak bisa tampil di Queen's pekan depan. Saya sangat sedih saat memutuskan absen di turnamen yang saya juarai pada 2008, Mudah-mudahan tahun depan saya bisa kembali," jelas Nadal.

Petenis yang kini menduduki peringkat dua dunia itu mengatakan keputusan untuk istirahat diambil setelah berkonsultasi dengan tim dan dokter.

"Di usia yang sudah 31 dan setelah melewati berbagai turnamen di lapangan tanah liat, tubuh saya perlu istirahat jika ingin siap tampil di Wimbledon," tegas petenis kidal tersebut.

Sepanjang kariernya, Nadal dua kali menjadi juara Wimbledon yaitu pada 2008 dan 2010. Tahun lalu, akibat cedera pergelangan tangan, Nadal absen di Wimbledon. (AFP)

Video: Menpora Terkejut Kevin/Marcus Tersingkir di Indonesia Open 2017
 


(ASM)