Jelang Asian Games 2018

Erick Thohir Pastikan Drone tak Boleh di Asian Games

Krisna Octavianus    •    02 April 2018 23:38 WIB
olah ragaasian games 2018
Erick Thohir Pastikan Drone tak Boleh di Asian Games
Ilustrasi (AFP)

Jakarta: Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) Erick Thohir menegaskan, kemungkinan di Asian Games nanti, atas dasar keamanan tidak boleh menggunakan drone kamera saat pertandingan. Pun begitu di sekitar Wisma Atlet.

Hal itu diungkapkan Erick usai pihaknya berkoordinasi dengan Ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Polisi Suhardi Alius, terkait keamanan Asian Games 2018. Demi acara multi-event Asian Games tidak direcoki masalah terorisme.

Isu terorisme selalu menjadi isu sensitif pada ajang multi-event, termasuk di Asian Games. Ini juga menyangkut negara peserta yang datang ke Indonesia. Untuk antisipasi, drone, kamera yang menggunakan teknologi pesawat tak berawak tak diizinkan. 

Baca juga: Erick Thohir: Sekolah di Zona Tertentu Libur Selama Asian Games

Masalah keamanan memang menjadi perhatian serius INASGOC dan BNPT. Khusus BNPT, mereka sudah melakukan studi banding ke Korea Selatan. Negeri Ginseng dipilih karena sukses menyelenggarakan Asian Games 2014 Incheon.

"Hari ini saya juga ada koordinasi meeting yang sangat penting dari badan antiteror. Ada juga sharing knowledge dan expertise mereka soal antiteror. Mereka sudah studi banding ke Korea. Nanti juga kita bisa menekan isu-isu yang akan timbul di kemudian hari. Terkait isu terorisme itu," ujar Erick Thohir saat acara World Press Briefing di Hotel Borobudur.

"Studi banding antiteror dipimpin langsung Suhardi Alius (Ketua BNPT) tadi di Korea, mereka belajar. Di Korea itu tidak boleh ada drone saat pertandingan. Kita juga memastikan tidak ada drone saat pertandingan. Di wisma atlet juga tidak ada drone. Di wisma atlet juga bagaimana keamanannya, karena biasanya atlet menjadi incaran. Itu juga mereka presentasikan," lanjut Erick.

Isu terorisme memang menyeruak ke event olahraga. Terkini adalah jelang Piala Dunia 2018 di Rusia yang sudah mendapatkan ancaman teror. Belum lama ini, ISIS mengunggah gambar Lionel Messi yang dieksekusi mati.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: PB PASI Keluhkan Harga Sewa Stadion Madya
 


(RIZ)