Asian Games 2018

Pembukaan dan Penutupan AG 2018 Usung Konsep Bhinneka Tunggal Ika

Antara    •    10 Mei 2018 00:43 WIB
asian games 2018
Pembukaan dan Penutupan AG 2018 Usung Konsep Bhinneka Tunggal Ika
Ketua INASGOC saat memimpin rapat persiapan Asian Games 2018 (Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Jakarta: Bhinneka Tunggal Ika jadi inspirasi di balik konsep yang akan diusung INASGOC dalam acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta. Hal tersebut dikonfirmasi langsung Ketua INASGOC Erick Thohir.

"Kami akan memperlihatkan Indonesia sebagai sebuah negara yang cukup besar penduduk Islam-nya di dunia. Tapi, Indonesia itu tetap Bhinneka Tunggal Ika. Kebersamaan dan kesatuan yang akan memperkuat Indonesia menuju 2030 dan 2050," kata Erick selepas jumpa pers Rapat ke-9 Koordinasi Komite Asian Games di Jakarta, Rabu 9 Mei 2018.

Erick mengatakan upacara pembukaan dan penutupan Asian Games juga tidak sekedar menampilkan kompetisi olahraga, melainkan lebih mempromosikan Indonesia. INASGOC, lanjut Erick, juga meminta dukungan dari kementerian dan lembaga negara untuk turut mempromosikan Asian Games ke seluruh wilayah Tanah Air.
 

Baca: Indonesia Harus Mengakui Kehebatan Vietnam


"Dengan keterbatasan panitia Asian Games, kami hanya bisa melakukan promosi di wilayah yang kami sanggupi. Kami akan memperbanyak promosi sebelum dan sesudah Piala Dunia 2018," kata Erick.

Sebelumnya, Erick mengatakan penataan SUGBK jelang Asian Games akan dimulai pada Rabu 16 Mei, atau setelah pertandingan semifinal Piala AFC zona ASEAN antara Persija Jakarta kontra Home United, Selasa 15 Mei. Ini berarti, SUGBK tidak akan bisa lagi digunakan untuk pertandingan sepak bola.

"Salah satunya adalah Stadion Utama GBK karena itu adalah lokasi upacara pembukaan dan penutupan. Alat-alat akan terpasang mulai 16 Mei seperti penutupan rumput lapangan dengan plastik yang tahan beban," kata Erick. (ANT)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Atlet Panjat Tebing Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Dunia



(ACF)