Asian Games 2018

Cara INASGOC Antisipasi Kemacetan saat Asian Games 2018 Berlangsung

Patrick Pinaria    •    10 Mei 2018 07:02 WIB
asian games 2018
Cara INASGOC Antisipasi Kemacetan saat Asian Games 2018 Berlangsung
Erick Thohir. (Foto: Medcom.id/Patrick)

Jakarta: Ketua INASGOC Erick Thohir memastikan pihaknya bersama pemerintah Indonesia sudah mendapatkan solusi untuk mengantisipasi kemacetan selama Asian Games 2018 berlangsung di Jakarta. Salah satunya adalah meliburkan kegiatan sekolah selama ajang berlangsung.

Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games 2018. DKI Jakarta menjadi salah satu kota yang dipercaya untuk tempat diselenggarakan pesta olahraga terbesar di Asia itu, selain Palembang.

Kepastian Jakarta sebagai salah satu tuan rumah dari Asian Games ini lantas banyak menarik perhatian publik Indonesia. Berbagai pertanyaan seputar mengenai kemacetan pun dilontarkan untuk panitia Asian Games, INASGOC. Maklum, Jakarta merupakan salah satu kota yang dikenal dengan tingkat kemacetan yang tinggi.

Klik: Pembukaan dan Penutupan AG 2018 Usung Konsep Bhinneka Tunggal Ika

Ketika ditanyakan soal itu, Erick pun memastikan pihaknya sudah mendapatkan solusi dengan pemerintah dan pihak kepolisian RI. Termasuk meliburkan kegiatan sekolah. 

"Tadi sudah rapat dengan perwakilan DKI, pemerintah pusat dan kepolisian bahwa sudah diputuskan nanti siswa di Jakarta akan diberi tugas khusus membantu jalannya Asian Games dengan dua hal yaitu satu kerjakan makalah tentang kegiatan Asian Games di rumah," ujar Erick.

"Tentu ini kesempatan bagi kami untuk mengajak generasi muda partisipasi menonton pertandingan. Artinya me-reduce traffic 20 persen. Jam kantor belum diputuskan karena ada pegawai negeri, bursa efek, pegawai swasta. Untuk sekolah, libur tidak tapi murid-murid ditugaskan mendukung AG dengan kegiatan dari rumah atau berpartisipasi," tambahnya.

Lebih lanjut, Erick menegaskan akan ada tambahan aturan ganjil genap di beberapa kota Jakarta untuk mengurangi kemacetan selama Asian Games. Selain itu, ada jalur khusus untuk kendaraan yang akan digunakan atlet dan panitia agar bisa sampai tepat waktu ke arena bertanding. 

"Traffic jam lalu lintas mengonfirmasi ada Asian Games line yang jadi transportasi dan ada jalur khusus juga di tol untuk transportasi atlet dan panitia. Tentu juga tadi ditanya koordinasi jadi jalan-jalan itu dijaga kepolisian atau Dishub," kata Erick.

"Terobosan lain khususnya DKI, ada ganjil genap di Sudirman akan diperlebar ke banyak jalan di Jakarta," tuturnya.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Tresna Raih Medali Emas Lontar Martil
 


(PAT)