Proliga 2018

Proliga 2018 Digelar di 8 Kota

Kautsar Halim    •    10 Januari 2018 20:32 WIB
proliga
Proliga 2018 Digelar di 8 Kota
suasana konferensi pers jelang digelarnya voli Proliga 2018 (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

Jakarta: Proliga 2018 siap dihelat pada 19 Januari hingga 15 April mendatang. Kompetisi bola voli kasta tertinggi Tanah Air itu bakal berlangsung menarik karena menggunakan delapan kota di Indonesia sebagai tuan rumah.

Delapan kota yang menjadi tuan rumah adalah Yogyakarta, Batam, Gresik, Denpasar, Palembang, Bandung, Malang dan Solo. Sedangkan untuk laga final akan dipercayakan kembali kepada Yogyakarta pada 15 April.

Sebanyak tujuh tim putri dan lima tim putra akan bertanding di ajang berhadiah total sekitar Rp1 miliar tersebut. Peserta tim putra terbilang lebih sedikit ketimbang musim lalu karena Jakarta Elektri PLN mengundurkan diri.

Tujuh tim putri yang bertanding adalah Jakarta Elektrik PLN, Jakarta Pertamina Energi, Gresik Petrokimia, Jakarta PGN Popsivo Polwan, Bandung Bank BJB Pakuan, Jakarta BNI Taplus dan Bekasi BVN. 
 

Baca: Serangan Stroke, Atlet Rugby Papua Nugini Meninggal Dunia


Sementara itu, untuk kategori tim putra akan diikuti oleh Jakarta Pertamina Energi, Palembang Bank Sumsel, Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta Jakarta BNI Taplus dan Bekasi BVN.

Direktur Kompetisi Proliga, Hanny S. Surkatty, meyakini jalannya kompetisi tetap berlangsung sengit meski terdapat satu tim putra yang mundur. Itu bisa saja terjadi karena artinya peta kekuatan masing-masing tim menjadi lebih berimbang.

"Dari lima tim putra itu, hanya satu yang terlempar dari persaingan menuju final four. Dengan begitu penyebaran pemain putra di masing-masing tim bisa lebih berimbang," ujar Hanny dalam jumpa pers kick-off Proliga 2018 di Jakarta, Rabu (10/1/2018).

"Mundurnya PLN kami tanggapi tegas dengan menjatuhkan denda sebesar Rp1 miliar. Rencananya sanksi itu akan dibayarkan pada pekan ini. Mereka mundur karena belum siap berkompetisi hingga kini," tambahnya.

Selain jumlah kota dan tim yang mengalami perubahan. Regulasi kuota pemain di Proliga 2018 juga mengalami penambahan. Jika sebelumnya hanya boleh membawa 12 pemain, kali ini tiap tim bisa diperkuat oleh 14 pemain termasuk dua libero.
 

Baca juga: Ducati Putar Otak untuk Membuat Motor Lorenzo Lebih Cepat


"Tahun ini jika mendaftarkan 12 pemain hanya diperkenankan membawa satu libero atau tidak pakai libero sama sekali," tutur Hanny.

"Penggunaan 14 pemain ini diambil berdasarkan regulasi di Asian Games. Jadi, sekalian untuk membiasakan para pemain yang tergabung dengan timnas juga," tambahnya menutup.

Sementara itu, untuk regulasi pemain asing masih sama seperti musim sebelumnya, yakni tiap tim wajib menggunakan satu pemain asing dengan jumlah maksimal penggunaan dua pemain asing. Masing-masing tim juga hanya diperkenankan mengganti satu pemain asing ketika memasuki putaran kedua.

Sama seperti musim sebelumnya, Proliga 2018 juga terbagi menjadi dua putaran. Yogyakarta langsung bertugas menjadi tuan rumah pertama di GOR UNY pada 19-21 Januari mendatang. Setelah itu, giliran Batam, Gresik, Denpasar, Palembang, Bandung, Malang dan Solo.

Video: ?Hadapi Islandia, Rene Albert Akui Indonesia Selection Tak Punya Strategi Khusus




(ACF)