Jelang Asian Games 2018

38 Cabor Asian Games Bakal Disiarkan Secara Langsung

Patrick Pinaria    •    09 November 2017 11:55 WIB
asian games 2018
38 Cabor Asian Games Bakal Disiarkan Secara Langsung
Direktur Broadcast INASGOC, Linda Wahyudi. (Foto: MTVN/Patrick Pinaria)

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) memutuskan tidak akan menyiarkan langsung seluruh cabang olahraga (cabor). Dari total 40 cabor, mereka memilih 38 cabor untuk disiarkan secara live pada acara olahraga paling bergengsi di Asia itu.

Keputusan itu disampaikan oleh Direktur Broadcast INASGOC, Linda Wahyudi pada acara diskusi INASGOC dengan tema Broadcast Management di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta, Rabu 8 November. 

"Dari 40 cabor, kami akan membuat produksi siaran langsung untuk 38 cabor dengan difasilitasi 427 kamera. Kualitas seluruh kamera itu adalah super HD 10-80 inch yang akan mereka sediakan," ujar Linda.

Pada kesempatan itu, Linda menjelaskan dua cabor yang tidak disiarkan langsung, di antaranya bridge dan squash. Namun, ia memastikan dua cabor tersebut tetap akan ditayangkan di televisi dalam bentuk tayangan ulang alias highlight.

Baca: Rossi Berharap Lintasan Kering Saat GP Valencia


"Tetapi bukan berarti yang tidak live itu, tidak ada tayangannya. Nanti, kita akan menggunakan teknologi IMG agar bisa ditayangkan ke dalam highlight selama satu jam. Itu yang akan disebar ke seluruh dunia," tutur Linda.

INASGOC tidak sendiri dalam mengerjakan produksi siaran langsung untuk ajang Asian Games 2018. Mereka bekerja sama dengan manajemen penyiaran asal Swiss, International Games and Broadcast Services (IGBS).

Sementara itu, perusahaan penyiaran asal Jepang, Dentsu menjadi pemegang hak siar Asian Games 2018. Mereka telah digandeng Olympic Council of Asia (COA). Nantinya, mereka akan membagikan hak siar kepada perusahaan penyiaran asal Indonesia, PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek). 

Namun, Emtek tidak akan menyiarkan langsung 38 cabor yang sudah ditentukan INASGOC dan IGBS. Mereka hanya fokus pada cabor sepak bola dan bulu tangkis. Sedangkan hak siar cabor lainnya akan mereka bagikan kepada sejumlah televisi nasional.

Video: Di Balik Kekompakan Greysia - Apriyani



(ASM)