Doping Maria Sharapova

Menanti Keputusan Banding Sharapova

Alfa Mandalika    •    04 Oktober 2016 11:33 WIB
maria sharapova
Menanti Keputusan Banding Sharapova
Maria Sharapova. (Foto: AFP/ Adrian Dennis)

Metrotvnews.com, London: Maria Sharapova tengah menanti keputusan banding terkait kasus doping yang ia alami. Sesuai rencana, Pengadilan Aribitrasi Olahraga bakal mengumumkan keputusan Selasa 4 Oktober. 

Seperti diketahui, Sharapova dinyatakan gagal melewati tes pemeriksaan doping di Australia Terbuka 2016. Tidak hanya itu saja, Sharapova ternyata menggunakan doping bernama meldonium sejak 2006.

Imbas dari kejadian itu, Sharapova mendapatkan larangan bertanding selama dua tahun oleh Federasi Tenis Internasional (ITF). Akan tetapi, Sharapova langsung naik banding atas keputusan tersebut. 

Baca: Agnieszka: Kerber jadi Inspirasi Petenis Putri Lainnya


“Saya gagal dalam tes dan saya bertanggung jawab penuh. Saya menggunakan obat yang dinamakan mildronate atas saran dokter saya selama 10 tahun belakangan ini. Saya baru tahu bahwa obat yang saya gunakan merupakan nama lain dari meldonium. Jujur, saya tidak ketahui hal itu sebelumnya,” ujar Sharapova.

Sharapova melakukan pemeriksaan rutin dengan menyerahkan sampel kepada lembaga antidoping pada Januari 2016. Tepatnya satu hari setelah kalah dari Serena Williams di perempat final Australia Terbuka 2016. Hasil yang didapat mengejutkan Sharapova. Agen antidoping dunia (Wada) menemukan fakta adanya zat meldonin dalam sampel yang diberikan petenis cantik tersebut. Akibatnya, Sharapova diskors terhitung sejak Rabu 2 Maret.

Baca: Jadwal Wakil Indonesia di Thailand Open Grand Prix Gold Hari Ini


"Selama 10 tahun obat-obatan yang saya gunakan tidak ada dalam daftar yang dilarang Wada. Tapi aturan berubah sejak 1 Januari 2016. Meldonium menjadi zat terlarang dan saya tidak mengetahuinya,"sambung petenis asal Rusia itu.

"Saya tahu akan ada konsekuensi besar atas kejadian ini. Tapi saya tidak mau mengakhiri karier seperti ini. Saya harap diberi kesempatan untuk tampil di dunia tenis sekali lagi," harapnya. (Sports Mole)

Video: Rio Haryanto Mendapatkan Kehormatan Menyerahkan Piala di Ajang GP3




(ASM)