PON 2016 Cabang Layar

Atlet Kepri Kuasai Sejumlah Nomor Cabang Layar

Ahmad Rofahan    •    26 September 2016 21:29 WIB
pon 2016
Atlet Kepri Kuasai Sejumlah Nomor Cabang Layar
Suasana lomba layar race 10 (Foto: Istimewa)

Metrotvnews.com, Indramayu: Sejumlah atlet layar Kepulauan Riau masih mendominasi cabang olahraga layar Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, yang dipertandingkan di Perairan Pantai Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin 26 September 2016. 

Hingga memasuki race ke 10, sejumlah atlet Kepulauan Riau menempati urutan pertama di sejumlah nomor cabang olahraga tersebut.  Kondisi cuaca yang kerap berubah di lokasi pertandingan, ternyata tidak menjadi hambatan para atlet layar Kepri. Mereka terus melaju tanpa hambatan dan menguasai pertandingan.
 
Hasil sementara usai race ke-10, atlet Kepri Ramadhan Tito berada di ranking pertama nomor optimist putra. Pun begitu di nomor optimist putri yang ditempati Suci Indah Ramadani.

(Baca juga: Pertandingan Layar PON 2016 Terganggu Angin)
 
Dominasi Kepri juga terjadi di nomor laser 4,7 putra yang dikuasai Samsuardi. Kemudian nomor laser radial putra ada Maznun, serta laser radial putri ada atlet Mariyanti yang dibayang-bayangi atlet layar tuan rumah Jawa Barat, Kirana Wardojo.
 
Ahmad Zainudin, atlet layar Kepri lainnya juga menduduki ranking pertama nomor laser standard putra. Ahmad berhasil mencuri posisi pertama yang sampai race ke-8 masih diduduki atlet layar Jabar Sujatmiko, yang kini terpaksa turun di posisi kedua.
 
Hingga race ke-10, tidak ada satupun atlet layar tuan rumah menempati ranking pertama. Rata-rata atlet tuan rumah tercecer di rangking kedua, seperti Fitri Alwiyah (laser 4,7),  Djulijono Wibowo-Mulyanto (international 470), Dani Eka Wahyudi-Indra Gunawan (fireball), Junaedi (RSX), dan Micah Sampelan (RS One).
 
Selain Kepri, atlet-atlet Kalimantan Timur, DKI Jakarta dan Jawa Timur juga menempati ranking pertama sementara di sejumlah nomor. Siapa yang bakal mendulang 19 medali emas yang disediakan, hasilnya akan ditentukan di race terakhir, yaitu ke-11 dan 12 pada Selasa 27 September besok.
 
Video: DKI Dominasi Perolehan Medali Cabor Atletik


(RIZ)