PON 2016 Cabang Voli Indoor

Bekuk Jatim di Final, Tim Voli Putri Jabar Raih Medali Emas

Roni Kurniawan    •    28 September 2016 18:15 WIB
pon 2016
Bekuk Jatim di Final, Tim Voli Putri Jabar Raih Medali Emas
Selebrasi tim bola voli putri Jabar usai mengalahkan Jatim di final dengan skor 3-0 (Foto: MTVN/Roni)

Metrotvnews.com, Bandung: Tim putri Jawa Barat berhasil meraih medali emas usai menaklukkan tim putri Jawa Timur di final cabang olahraga bola voli indoor di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat.

Bertanding di Gelora Sabilulungan Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Rabu 28 September, tim Jabar menang mutlak atas Jatim tiga set sekaligus.

Saat pertandingan, tim Jabar unggul meyakinkan pada set pertama dengan poin 25-16. Padahal, Jatim sempat memimpin skor pada awal pertandingan hingga selisih dua poin. Akan tetapi, Jabar bangkit. Saling kejar poin terjadi saat kedudukan 8-8 hingga 12-12. Jabar kemudian menggila dan memastikan unggul di set pertama dari rivalnya tersebut dengan selisih 9 poin.

Set kedua Jabar terus mendominasi. Permainan Yola dan kawan-kawan yang mendapat dukungan ribuan penonton terus melakukan smash mematikan. Bahkan beberapa kali para mojang Pasundan ini berhasil melakukan blok atas smash yang digencarkan tim Jatim yang dipimpin Novia Cs.

(Baca juga: Final Bulu Tangkis PON 2016 Dipadati Penonton)

Akibatnya beberapa kali Jatim melakukan time out karena tertinggal cukup jauh. Keputusan ini dinilai cukup tepat bagi Jatim yang berusaha mengejar poin tuan rumah. 

Hanya gara-gara protes kepada wasit karena smash yang dilakukan sang kapten, Faiska dianggap out di kedudukan 15-20, konsentrasi para pemain Jatim seolah buyar. Jabar pun kembali unggul pada set kedua dengan poin 25-17. 

Unggul dua set, Jabar semakin di atas angin untuk meraih gelar juara sekaligus menambah medali emas.

Namun, memasuki set ketiga Jatim yang sudah tertinggal mencoba mengejar. Jatim mampu unggul terlebih dahulu dengan selisih 5 poin atas Jabar, yakni 11-6. Namun, dengan dukungan suporter Jabar kembali bangkit, bahkan menyusul hingga kedudukan 14-11.

Merasa di atas angin, Jabar pun semakin menjauh setelah smash yang dilakukan Yola Cs terus berbuah poin. Jabar semakin menjauh dengab 17-11. Jabar akhirnya memenangkan set ketiga dengan poin 25-17 dan memastikan medali emas.
 
Video: Jabar Sabet Enam Medali Emas Cabang Tinju


(RIZ)