Spesial Hari Kartini

Makna Hari Kartini buat Triyaningsih

M. Rizky Adhestian    •    21 April 2018 08:15 WIB
atletikHari Kartiniasian games 2018
Makna Hari Kartini buat Triyaningsih
Triyaningsih mengibarkan bendera merah putih usai meraih medali emas pada SEA Games 2017, Malaysia (Foto: AFP PHOTO / MANAN VATSYAYANA)

Jakarta: Triyaningsih merupakan satu dari beberapa atlet wanita yang sukses mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional. Di hari Kartini yang jatuh tepat pada hari ini, Triyaningsih menyempatkan diri berbagi kisah dengan medcom.id soal karier dan makna hari Kartini untuk dirinya.

Meski bidang yang digelutinya berbeda dengan Raden Ajeng Kartini yang berjuang mengangkat status sosial wanita pribumi Indonesia lewat tulisan dan pemikirannya, Triyaningsih justru merasakan ada kesamaan.

Menurutnya, baik dirinya dan RA Kartini sama-sama berjuang untuk mengangkat harkat dan martabat wanita. Namun, ia melakukannya lewat jalur olahraga, khususnya lari jarak jauh. Triyaningsih mengajak wanita-wanita Indonesia ikut berpartisipasi mengharumkan nama Indonesia, apa pun bidang yang digelutinya.
 

Baca: Marquez Siap Belajar dari Kesalahan


"Kembangkan potensi diri yang terbaik, berperan aktif bersama dalam membangun negeri," ujar Triyaningsih saat ditanya makna Hari Kartini bagi dirinya.

Sama seperti Kartini, Triyaningsih juga harus berjuang untuk bisa memberikan kontribusi besar buat Indonesia di bidang olahraga. Berbagai rintangan, mulai berlatih keras, hingga cedera harus dilaluinya.

Namun, berkat tekad kuatnya mengharumkan nama Indonesia, Triyaningsih akhirnya sukses melewati semua rintangan tersebut. Raihan 11 medali emas di ajang SEA Games dan sejumlah prestasi di ajang domestik sukses diraihnya.
 

Baca juga: Duel Melawan Petinju Argentina Bukan Laga Terakhir Pacquiao
 

"Momen paling berkesan buat aku adalah saat menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kan itu momennya pas mengibarkan bendera Merah Putih hanya waktu meraih medali emas saja," ujar Triyaningsih.

Kini, wanita asal Jawa Tengah itu akan kembali berjuang mengharumkan nama bangsa di ajang Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang Agustus mendatang. Sebelum itu, Triyaningsih akan menjalani uji coba di Gold Coast Marathon 30 Juni nanti di Queensland, Australia.

Prestasi Triyaninigsih
- Medali emas SEA Games 2015 (Singapura) nomor 5000m dan 10.000m.
- Medali emas SEA Games 2013 (Myanmar) nomor 10.000m.
- Medali emas SEA Games 2011 (Jakarta-Palembang) nomor 5.000m, 10.000m dan marathon.
- Medali emas SEA Games 2009 (Laos) nomor 5.000m dan 10.000m.
- Medali emas SEA Games 2007 (Thailand) nomor 5.000m dan 10.000m.


Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga?

Video: ?PSSI Beri Keringanan untuk Persija dan Bali United




(ACF)