Gempa Bumi dan Tsunami di Palu

Satu Jenazah Pilot Paralayang kembali Ditemukan

Rendy Renuki H    •    02 Oktober 2018 18:20 WIB
olahragagempa bumi
Satu Jenazah Pilot Paralayang kembali Ditemukan
Ketua Federasi Paralayang Indonesia, Wahyu Yudha. (Foto: medcom.id/Rendy Renuki)

Jakarta: Satu jenazah pilot paralayang yang menjadi korban gempa bumi dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah kembali ditemukan, Selasa 2 Oktober sore. Menurut keterangan Ketua Federasi Paralayang Indonesia, Wahyu Yudha, korban meninggal tersebut atas nama Franky Kowaas.

"Sore tadi pukul 15.00 WITA telah ditemukan kembali satu jenazah atas nama Franky Kowaas asal Sulawesi Utara. Beliau ini merupakan pionir kegiatan udara yang dilakukan di Sulut, tidak hanya paralayang tapi juga untuk paralayang bermotor," ujar Wahyu saat ditemui di Kantor Kemenpora, Selasa 2 Oktober 2018.

Franky menjadi satu dari tujuh pilot paralayang kejuaraan Palu Nomoni 2018 yang hilang kontak dan menjadi korban robohnya Hotel Roa-roa Palu, tempat mereka menginap. Hotel tersebut roboh usai diterjang gempa berkekuatan 7,4 SR disertai tsunami, Jumat 28 September lalu. 

Baca: Lagi, Atlet Paralayang Ditemukan Meninggal Dunia di Palu


Kabar kematian Franky membuat korban tewas menjadi empat orang, dari tujuh pilot yang hilang kontak pascagempa. Sebelumnya, tim evakuasi telah menemukan tiga pilot dalam keadaan tak bernyawa, yakni Petra Mandagi, Glenn Mononutu dan Ardi Kurniawan.

"Franky juga merupakan satu-satunya pemandu Cartenz (pendakian puncak Gunung Jayawijaya) di Indonesia. Dia juga aktivis arung jeram, kegiatan susur goa, dan dengan adanya berita ini kami sungguh sangat kehilangan," sambung Wahyu.

Kejuaraan paralayang lintas alam Palu Nomoni 2018 diikuti oleh 32 pilot yang berasal dari berbagai daerah, termasuk tiga pilot mancanegara. Menurut jadwal, kejuaraan tersebut dimulai kamis 27 September hingga 30 September, namun dihentikan setelah Jumat 28 September sore waktu setempat gempa terjadi di Palu dan Donggala.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Atlet Panahan Asian Para Games Optimistis Raih Emas


(ASM)