Atlet Nasional Jadi Juara Rhino X-Tri 2017

Rendy Renuki H    •    24 September 2017 15:21 WIB
triathlon
Atlet Nasional Jadi Juara Rhino X-Tri 2017
Muhammad Taufik menjadi juara pertama Rhino X-Triathlon 2017 di Tanjung Lesung, Pandeglang, Bantet, Minggu (24/9/2017) (Dok. Vox Populi)

Metrotvnews.com, Pandeglang: Atlet nasional Triathlon Muhammad Taufik dari tim Herbalifetriathlon menjadi juara di ajang Rhino X-Triathlon (Rhino X-Tri) Tanjung Lesung 2017. Ia mencatatkan waktu tercepat 1 jam 50 menit 24 detik melahap tiga cabang yang dipertandingkan yakni renang, balap sepeda, dan lari mengalahkan 13 peserta lainnya. 

Perjuangannya meraih juara pun sempat mendapatkan hambatan. Ban belakang sepedanya bocor dan terpaksa mengganti kedua bannya sesaat sebelum lomba dimulai.

Ia pun menceritakan sempat terjatuh saat mengikuti balapan sepeda ki kilometer delapan.
 Atlet asal Bandung ini pun mendapat persaingan ketat dari atlet mancanegara asal Belanda Marteen Vrouenraets, namun ia tetap bisa finis pertama.


(Baca: Persiapan Asian Games, Pelari Ini Juarai Sunset Trail Marathon 2017)


"Kilometer dua sampai lima itu agak sulit. Saya jatuh tiga kali tetap bangkit lagi, bangun lagi. Di kilometer delapan, saya kembali jatuh terjungkil dari sepeda di lintasan menurun superball," beber Taufik usai balapan, Minggu (24/9/2017).
 

(Salah satu atlet yang tengah mengikuti ajang Rhino X-Tri 2017 Tanjung Lesung/Dok. Vox Populi)

Menurut Taufik, butuh keahlian dan teknik khusus menggunakan sepeda gunung di rute dengan medan cross country seperti yang disajikan Tanjung Lesung. Hilang konsentrasi sedikit, pebalap bisa kehilangan kendali sepedanya dan terjatuh sampai terpelanting. 

"Saya sempat tidak mau lanjut. Tulang di kaki dan tangan saya sakit, kaku juga. Tapi saya paksa untuk terus lanjut. Di kilometer 11 sakitnya terasa lagi, saya sempat berhenti dulu sebelum saya paksakan lagi," katanya.

"Jalur ini biasa disebut eksetra triathlon. Mulai dari renang, balap sepeda dan lari di lintasan trail. Tidak hanya power tapi juga teknik. Apalagi medannya juga banyak pecahan batu karang, kalau asal ngebut bisa slip bannya," jelas Taufik.
 
Sementara, Ady Akhmad Jukardi menjadi yang tercepat kedua dengan catatan waktu 1 jam 51 menit 47 detik. Disusul Marteen Vrouenraets asal Belanda dengan 1 jam 57 menit 43 detik.

Video: Timnas U-16 Lolos ke Piala Asia Setelah Kalahkan Laos
 


(REN)