SEA Games 2017

Bendera Indonesia Terbalik, Ini Reaksi Ridwan Kamil

Roni Kurniawan    •    20 Agustus 2017 13:20 WIB
sea games 2017
Bendera Indonesia Terbalik, Ini Reaksi Ridwan Kamil
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Foto: MTVN/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil angkat bicara terkait bendera Indonesia tercetak terbalik dalam buku panduan pelaksanaan SEA Games 2017 di Malaysia. Orang nomor satu di Kota Bandung itu menyesalkan event setingkat Asia Tenggara tersebut terdapat kelalaian yang sangat fatal.

Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, terbaliknya bendera Indonesia menjadi putih merah yang tercetak dalam buku panduan di halaman 80. Terlebih event pesta olahraga se Asia tersebut dihadiri oleh para petinggi negara se Asia Tenggara.

"Saya menyesalkan, kecewa dan marah juga dengan terbaliknya bendera negara kita. Seharusnya itu tidak terjadi," cetus Emil saat ditemui di Plaza Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana, Minggu 20 Agustus 2017.

Baca: Puan Maharani Meminta Pemerintah Malaysia Berikan Pernyataan Maaf Resmi

Meski pun panitia Sea Games di Malaysia telah melayangkan surat permintaan maaf melalui media sosial, namun hal itu dinilai belum cukup. Terlebih, lanjut Emil, kesalahan tersebut telah menyangkut harga diri bangsa Indonesia.

"Saya sudah lihat surat permohonan maaf. Ya kita maafkan, tapi tidak bisa kita lupakan," tandasnya.

Sebelumnya, bendera Indonesia tercetak terbalik dalam buku panduan pelaksanaan SEA Games 2017. Buku panduan dibagikan kepada para pejabat yang hadir dalam pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia pada Sabtu 19 Agustus 2017.

Baca: Panitia SEA Games dan Menpora Malaysia Keluarkan Surat Permintaan Maaf

Pada halaman ke 80 di dalam buku tersebut, bendera merah putih Indonesia tercetak terbalik menjadi putih merah. Di bagian itu tertulis Indonesia menjadi tuan rumah pada 1979, 1987, 1997 dan 2011.

Sementara kesalahan mencetak bendera hanya terjadi pada Indonesia. Sebab 10 bendera negara peserta SEA Games lainnya tercetak dengan benar. 


Video: Warga Antusias Saksikan Hitung Mundur Asian Games 2018

 


(PAT)