Cari Atlet Difabel Berbakat, NPC Gelar Kejuaraan Atletik

Wahyu Dwi Anggoro    •    06 September 2017 20:00 WIB
asian para games
Cari Atlet Difabel Berbakat, NPC Gelar Kejuaraan Atletik
Foto: MTVN/Wahyu Dwi Anggoro

Metrotvnews.com, Kendal: National Paralympic Commitee (NPC) Kendal menggelar kejuaraan para atletik tingkat kabupaten, dengan tujuan utama untuk mencari atletik berbakat di kategori difabel.

Peserta berasal dari Sekolah Luar Biasa (SLB) dan Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni), dengan jumlah keseluruhan hampir mencapai 70 peserta.

Ketua NPC Kendal I Made Suastwan mengatakan ini merupakan tahapan untuk seleksi calon atlet atau pencarian bibit berbakat yang nanti akan kami didik untuk ikut dalam kejuaraan tingkat nasional, saat ini NPC akan menjadi wadah untuk dapat mengkoordinir para atlet.
 

Baca: Nasib 8 Atlet yang Mengajukan Banding ke Dewan Anti-Doping Nasional


"Ini merupakan tahapan untuk mecari bibit berbakat, nantinya ini akan masuk sampai tingkat Provinsi. Jika sebelumnya untuk SLB mengirim sendiri ke tingkat Provinsi dan tidak ada lembaga yang mengatur, saat ini kami sebagai NPC akan mengkoordinir agar lebih terfokus dan dapat ikut dalam pelatihan" kata Suastwan.


(Peserta atletik difabel di Stadion Utama Kendal. Foto: MTVN/Wahyudi)

Di sisi lain, selama penjaringan atlet, didapati salah satu atlet cabor Tolak Peluru bernama Sodikin yang dapat menyamai atlet Nasional. Ketua Panitia Nina Nur Cipayana membenarkan bahwa berdasarkan hasil penilaian, jarak lemparan Sodikin dapat menyamai atlet Nasional.

Sementara itu, cabang olahraga yang akan dilombakan di antaranya; Lari 100 Meter, Tolak Peluru, dan Lompat Jauh. Sedangkan untuk pesertanya adalah penyandang Tuna Rungu, Tuna Graita, dan Tuna Netra.

Video: ?Rahasia Owi/Butet Sukses Raih Juara Dunia
 


(ACF)