Jelang SEA Games 2017

Satlak Prima Siapkan Tiga Program Uji Coba untuk Atlet Renang Indonesia

Kautsar Halim    •    10 November 2016 16:30 WIB
renangsea games
Satlak Prima Siapkan Tiga Program Uji Coba untuk Atlet Renang Indonesia
Perenang nasional yang mewakili Jawa Barat Triady Fauzi memacu kecepatan di lintasn ketika mengikuti nomor 200 meter gaya bebas Pekan Olahraga Nasional XIX di Kolam Renang UPI, Bandung.

Metrotvnews.com, Jakarta: Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) menyiapkan tiga program uji coba untuk cabang olahraga renang. Itu dilakukan agar Indonesia mampu berbicara lebih banyak di pentas SEA Games 2017 Malaysia.

"Kami akan mencari kejuaraan-kejuaraan renang bagi atlet-atlet pelatnas mulai Desember 2016 hingga Agustus 2017," kata Direktur Performa Tinggi Satlak Prima Cabang Renang Evalina D.S selepas menggelar tes fisik atlet-atlet pelatnas SEA Games 2017 di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Tiga uji coba itu, lanjut Evalina, akan berlangsung pada pekan ketiga Desember 2016, April 2017, dan Juni 2017. Masing-masing sesi berada di luar negeri dan memiliki lokasi berbeda.

"Pada April, kami akan mencari kejuaraan di Australia, dan pada Juni di Hungaria," kata Evalina.

Satlak Prima menguji fisik delapan atlet renang di Stadion Rawamangun untuk mengetahui kondisi terakhir mereka sebelum menjalani pemusatan pelatihan jelang SEA Games di Malaysia. Delapan atlet itu adalah Indra Gunawan, Triadi Fauzi, A Fadlan Prawira, Ricky Anggawijaya, Dennis Joshua Tiwa, Gagarin Nathaniel Yus, Raina Saumi Grahana Ramdhani, dan Kaina Ratih Atmaja.

"Kami mengambil data terbaru dari kondisi atlet. Dengan data-data itu, kami dapat menentukan bagaimana langkah pemulihan dan pencegahan cedera," kata Evalina.

Selain menguji delapan atlet tersebut, Satlak Prima juga tak lupa melakukan tes fisik terhadap tiga atlet renang lainnya, yaitu I Gede Siman Sudartawa, Vanessa Evato, dan Glenn Victor Sutanto. Tes fisik tidak bisa dilakukan secara bersama karena ketiganya sedang mempersiapkan diri untuk kejuaraan renang di Jepang pada
15 November mendatang. (ant)

 


(KAU)