Tenis

Maria Sharapova Kembali Bertugas untuk PBB

A. Firdaus    •    11 November 2016 00:08 WIB
tenis
Maria Sharapova Kembali Bertugas untuk PBB
Petenis Rusia Maria Sharapova (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, New York City: Bintang tenis Rusia, Maria Sharapova akan kembali didapuk sebagai duta PBB. Tepatnya ketika sanksi Sharapova berakhir pada April 2017.

Sharapova sempat kehilangan perannya dalam Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ia ditugaskan untuk mengatasi ketidaksetaraan dan kemiskinan.

Sayang akibat diduga terlibat doping ia mendapat sanksi larangan tampil di lapangan tenis sejak Januari 2016. Juara lima kali grand slam itu juga harus menjalani sanksi tersebut selama dua tahun.

Beruntung, ketika melakukan banding di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS), sanksi petenis berusia 29 tahun itu akhirnya dikurangi menjadi 15 bulan. Petenis cantik itu pun sempat ikut event amal di Las Vegas akhir Oktober lalu.

"UNDP senang untuk belajar bahwa Maria Sharapova bisa kembali ke olahraga dengan cepat dari yang diharapkan dan kami akan mencabut penangguhan perannya sebagai duta kami setelah dikurangi larangan berakhir pada bulan April 2017," kata juru bicara UNDP.

"Kami memahami bahwa Sharapova akan difokuskan untuk melanjutkan karier tenisnya dan kami berharap untuk mendiskusikan perannya dan keterlibatan dengan UNDP pada tanggal yang sama," jelasnya.

Keputusan PBB ini merupakan dorongan tersendiri buat Sharapova. Sebab lantaran terbukti terlibat skandal doping, Sharapova ditinggalkan sponsornya seperti Nike dan Evian. (The Guardian)


(RIZ)