Jelang Asian Games 2018

Jelang Asian Games 2018, Federasi Panjat Tebing Gelar Kejurnas

Ahmad Mustaqim    •    20 November 2017 14:39 WIB
panjat tebing
Jelang Asian Games 2018, Federasi Panjat Tebing Gelar Kejurnas
Peserta Kejurnas Panjat Tebing. (Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim)

Yogyakarta: Cabang olahraga Panjat Tebing melakukan pemanasan jelang menghadapi Asian Games 2018. Sebanyak 249 atlet dari 29 provinsi terlibat dalam ajang Kejuaraan Nasional Panjat Tebing ke XVI yang dihelat di kompleks Stadion Mandalakrida Yogyakarta pada 19-25 November 2016. 

Ketua Panitia Kejurnas Panjat Tebing ke XVI, Heri Indrianto mengatakan ada sebanyak tiga nomor yang dilombakan dalam kejurnas tersebut yakni speed, lead, dan boulder. 

"Dari tiga nomor itu, para atlet memerebutkan sebanyak 21 medali emas," kata Heri dalam pembukaan Kejurnas Panjat Tebing di Kompleks Stadion Mandalakrida Yogyakarta pada Senin, 20 November 2017. 

Baca: Data dan Fakta di Balik Kesuksesan Kevin/Marcus di Tiongkok Open 2017


Ia mengungkapkan, ajang Kejurnas Panjat Tebing sebelumnya dijadwalkan berlangsung di Bali. Namun, lokasi tersebut dipindahkan karena saat persiapan terhalang musibah Gunung Agung. 

Menurutnya, ajang Kejurnas Panjat Tebing ini menjadi tolok ukur pembinaan atlet di setiap daerah. "Kami juga hendak melihat sejauh mana keberhasilan pembinaan atlet di tingkat daerah," ujar Heri.

Kejurnas, kata Heri, sekaligus menjadi bagian seleksi untuk berbagai ajang tingkat internasional. Dari tingkat Asian Games 2018 hingga Olimpiade 2020. 

Manajer Kompetisi PP Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Pontas Sitanggang mengungkapkan federasi ingin mengukur sejauh mana prestasi yang bisa ditorehkan atlet di masing-masing daerah. Atlet berprestasi dalam kejurnas berpotensi menjadi wakil Indonesia di ajang Asian Games 2018. 

Video: Duo Minions Pertahankan Gelar Juara Tiongkok Terbuka 2017


(ASM)