NBA

5 Rookie Terbaik NBA Sepanjang Masa

Alfa Mandalika    •    20 November 2017 17:01 WIB
nba
5 Rookie Terbaik NBA Sepanjang Masa
Larry Bird (kiri) dan Magic Johnson (kanan). (Foto: Sportskeeda)

Jakarta: Setiap pemain muda yang pertama kali mengikuti kompetisi teratas pasti tidak mudah. Beragam adaptasi harus mereka jalankan. Baik beradaptasi dengan kompetisi atau dengan rekan-rekan setim.

Tidak hanya di sepak bola yang dikenal dengan banyaknya pemain muda berbakat (wonderkid). Di dunia bola basket pun demikian. Banyak pemain muda (rookie) yang sulit bersaing di kompetisi NBA.

Akan tetapi, tidak sedikit rookie yang mencuri perhatian. Bahkan, nama mereka kian meroket seiring dengan penampilan ciamiknya.

Berikut ini, daftar 5 rookie terbaik NBA sepanjang masa sebagaimana dilansir Sportskeeda:

-Tim Duncan
Siapa yang tak kenal Tim Duncan? Power forward San Antonio Spurs itu sangat melekat dengan Spurs. Bagaimana tidak. Sepanjang kariernya di NBA, dia tak pernah membela tim lain selain San Antonio Spurs.

Duncan tampil oke ketika memulai musim perdananya di NBA pada 1997. Membela Spurs bersama pemain-pemain senior, Duncan mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan.


Tim Duncan. (Foto: Sportskeeda)

Setahun kemudian, Duncan menyabet gelar rookie of the year. Tak menunggu waktu lama, pada 1999 dia membantu Spurs mengamankan gelar juara NBA.

Sepanjang membela Spurs, Duncan rata-rata mengumpulkan 21 poin, 11,9 rebound, 2,7 assist, dan 2,5 blok per game. Selain mempersembahkan lima gelar juara NBA, Duncan meraih banyak penghargaan pribadi.

-Larry Bird
Larry Bird menjadi nama yang dielu-elukan fan Boston Celtics pada era 1980an. Sejak kehadirannya pada 1979, Bird mampu memberikan tiga gelar juara NBA kepada Celtic 1981, 1984, dan 1986.

Bird datang ke Celtics usai menamatkan kuliahnya di Indiana State. Sempat ragu beragbung lantaran gaji yang ditawarkan tidak sesuai, akhirnya Bird tetap memilih Celtics sebagai klub profesionalnya.

Namun, berkat penampilannya yang konsisten, Bird akhirnya dikontrak senilai USD3,5 juta selama lima tahun. Angka itu membuatnya sebagai rookie dengan pendapatan terbesar. 


Larry Bird. (Foto:  jvmlending.com)

Bird menyabet gelar rookie of the year pada 1980. Lalu, dia dua kali mendapatkan gelar MVP di NBA Finals pada 1984 dan 1986. Selain itu, Bird juga berprestasi bersama Timnas Bola Basket Amerika Serikat dengan menggondol medali emas saat Olimpiade 1992 di Barcelona.

Seusai menjadi pebasket profesional, Bird menekuni profesi sebagai pelatih basket. Tercatat, dia tiga tahun melatih Indiana Pacers.

-Kareem Abdul-Jabbar
Center Kareem Abdul-Jabbar menjadi pemain dengan prestasi paling menonjol. Bintang University of California Los Angeles (UCLA) memulai kariernya sebagai pemain Milwaukee Bucks saat dirinya berusia 22 tahun. Kehadirannya berdampak signifikan terhadap kinerja dan prestasi Bucks. Rata-rata dia mengemas 28,9 poin dan 14,5 rebound per game sebagai rookie. Alhasil, Bucks berhasil menjuarai NBA pada 1971.


Kareem Abdul-Jabbar. (Foto: Sportskeeda)

Kareem Abdul-Jabbar memutuskan hijrah ke LA Lakers pada 1975. Di sana, kariernya kian menanjak dan mempersembahkan lima gelar kepada LA Lakers.

Bahkan, Kareem Abdul-Jabbar memiliki rekor pribadi yakni dengan mengemas 38.387 poin. Rekor tersebut masih bertahan sampai saat ini.

-Oscar Robertson
Point guard Oscar Robertson menjadi salah satu pebasket yang disegani pada masanya. Pemain yang dijuluki 'Big O' disebut-sebut sebagai rookie terbaik sepanjang masa.

Klub pertama yang dibela Robertson ialah Cincinnati Royals (saat ini Sacramento Kings). Di sana ia menjadi rookie terbaik dengan menorehkan rata-rata 30,5 poin, 10,1 rebound, dan 9,7 assist. Dia juga dianugerahi rookie of the year pada 1961.


Oscar Robertson. (Foto: Bleacherreport)

Robertson kemudian membela Milwaukee Bucks pada 1970. Setahun kemudian, ia mempersembahkan gelar NBA kepada Bucks bersama dengan rekannya saat itu Kareem Abdul-Jabbar.

-Wilt Chamberlain
Center Philadephia Warriors (saat ini Golden State Warriors) tercatat sebagai pemain muda terbaik. Chamberlain memulai kariernya bersama Harlem Globetrotters pada 1958 -- 1959. Setahun kemudian, dia membela Philadelphia Warriors selama enam musim.

Wilt Chamberlain. (Foto: Complex)

Chamberlain yang berposisi sebagai center mendapatkan gelar rookie of the year pada 1960. Pada musim pertamanya melawan New York Knicks, ia menorehkan 43 poin dan mencatatkan 28 rebound. Secara keseluruhan, dia mencetak rata-rata 37,6 poin dan 27 rebound. Pencapaian itu memecahkan rekor pada musim sebelumnya.

Chamberlain juga meraih gelar juara NBA bersama dua klub berbeda. Bersama Philadelphia Warriors pada 1967 dan LA Lakers pada 1972. (Sportskeeda)

Video: Duo Minions Pertahankan Gelar Juara Tiongkok Terbuka 2017


(ASM)