PON 2016 Jawa Barat

Fasilitas PON Jabar Diyakini Tidak Akan Terbengkalai

Roni Kurniawan    •    16 September 2016 19:13 WIB
pon 2016
Fasilitas PON Jabar Diyakini Tidak Akan Terbengkalai
Stadion Gelora Bandung Lautan Api berstandar internasional (Foto: Istimewa)

Metrotvnews.com, Bandung: Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot Sulistiantoro Dewa Broto memastikan seluruh peralatan pertandingan dan venue di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat yang digunakan pada 17-29 September, bisa digunakan untuk Asian Games 2018 mendatang. 

Diakui Gatot, kepastian tersebut sesuai aturan yang telah diberlakukan kepada setiap tuan rumah penyelenggara multi event olahraga. Ditambah, itu agar semua peralatan dan venue yang ada tidak terbengkalai usai pesta olahraga empat tahunan tingkat nasional itu berakhir.

"Konkritnya tidak langsung berapa cabor, tapi minimal untuk Asian Games. Karena biar ada kelanjutan dari PON, Asian Games hingga SEA Games. Jadi jangan sampai penyelenggaraan PON ini tidak menyambung ke event lain. Kemenpora bisa merevisi peraturan tersebut," ujar Gatot dalam jumpa pers di Media Center Utama (MCU) PON di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jumat (16/9/2016).

(Baca juga: Dibantai Australia, Timnas U-19 Angkat Koper)

Berkat PON, Jabar kini memiliki venue bertaraf internasional, termasuk Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Apalagi lima stadion yang ada di Jabar, seperti Pakansari, Patriot, Galuh, Singaperbangsa dan GBLA, sangat layak untuk diselenggarakannya cabor sepak bola level internasional.

"Sama seperti Riau, ada beberapa venue yang dipakai. Apalagi Jabar lima stadion yang ada sangat memungkinkan dipakai semua karena terbilang sangat layak seperti GBLA," tutur Gatot.

Sementara itu, di tempat yang sama Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, mengatakan fasilitas yang baru dibangun maupun direnovasi sangat bermanfaat. Segudang agenda olahraga pun diakui pria yang akrab disapa Aher ini tengah dicanangkan, agar fasilitas olahraga tersebut tetap terpelihara.

"Jadi Insya Allah, venue yang ada tidak akan terbengkalai. Apalagi fasilitasnya sudah banyak yang internasional, seperti futsal yang menjadi satu-satunya di Indonesia berstandar internasional. Berkat PON kita punya standar," tandas Aher.
 
Video: PB PON Pastikan Seluruh Venue Siap Digunakan


(RIZ)